Makanan Ini dapat Tingkatkan Kualitas Tidur Kala Berpuasa - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Makanan Ini dapat Tingkatkan Kualitas Tidur Kala Berpuasa


Tanpa kita sadari, aktivitas sahur pada bulan Ramadan turut memangkas waktu tidur kita. Dengan berkurangnya waktu tidur, pola tidur menjadi berubah. Dengan begitu, seringkali kita merasa lemas dan mengantuk di siang hari. 

Berkurangnya jam tidur harusnya bisa diimbangi dengan waktu tidur yang dimulai lebih dini, misalnya dilakukan setelah melakukan ibadah salat tarawih. Namun, seringkali kita merasa kesulitan untuk memulainya.

Sebuah studi dari Universitas Pennsylvania mengungkap, kesulitan tidur ternyata bisa dipengaruhi oleh makanan. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan kualitas tidur yang terjaga, seseorang juga harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya. Berikut ini empat nutrisi yang membuat tidur lebih berkualitas, seperti dikutip situs ABC News, Minggu, 21 Juli 2013.

1. Lycopene

Zat ini banyak ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk, pepaya, dan semangka. Jadikan buah-buahan ini sebagai santapan berbuka dan sahur.

2. Selenium

Selenium banyak terdapat di dalam ikan, seperti tuna, cod, dan kerang. Selain itu, selenium juga terkandung dalam kalkun dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C

Seperti halnya lycopene, vitamin C juga banyak terdapat di dalam buah, seperti nanas, stroberi, dan pepaya. Tidak hanya itu, paprika dan brokoli juga kaya akan vitamin C. Meskipun vitamin C diperlukan, hindari mengkonsumsi vitamin C dalam suplemen. Pasalnya, suplemen vitamin banyak pula mengandung bahan-bahan kimia. Jadi, sebaiknya, asupan vitamin C ini dapat diperoleh dari buah dan sayuran.

4. Karbohidrat

Menurut sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan karbohidrat mudah dicerna (seperti sereal, nasi, kentang atau roti putih) pada empat jam sebelum tidur. Hal ini akan menyebabkan seseorang dapat tertidur lebih cepat.

sumber : tempo.co