Hati-hati, Minuman Ini Bikin Gigi Kuning dan Kusam! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Hati-hati, Minuman Ini Bikin Gigi Kuning dan Kusam!


Minuman seperti kopi, teh dan soda jadi konsumsi rutin banyak orang. Namun Anda perlu hati-hati. Terlalu sering mengonsumsi minuman tersebut bisa membuat warna alami gigi berubah jadi kusam dan kekuningan.

Warna gigi juga punya andil dalam menunjang penampilan. Selain dampaknya pada warna, minuman ini juga banyak dinilai tak baik untuk kesehatan gigi. Ini dia alasan mengapa minuman ini merusak gigi, seperti:

 1. Wine
Red wine merupakan minuman yang mengandung chromogens dan tannins yang berpotensi meninggalkan noda di gigi. Tak cuma red wine, white winepun memberikan efek yang sama. Dalam penelitian di New York University School of Dentistry, teh meinggalkan noda lebih banyak di gigi jika sebelumnya orang tersebut mengonsumsi white wine.

2. Teh hitam
Seperti halnya wine, teh hitam juga mengandung tannins yang tinggi. Meskipun kopi punya warna lebih pekat, namun situs Web MD menyebut jika teh hitam lebih banyak meninggalkan noda di gigi. Dibanding teh hitam, kandungan tannins dalam green tea dan white tea lebih sedikit.

3. Soda
Menurut dokter gigi asal Cleveland, Ohio, Matthew J. Messina, DDS, soda mengandung asam dan chromogen yang berpotensi besar meninggalkan noda di gigi. Bahkan peneliti asal Philadelphia Dr. Mohamed Bassiouny mengungkap jika kondisi gigi orang yang terlalu banyak mengonsumsi soda tak jauh berbeda dengan gigi pecandu narkotika.

4. Kopi
Kopi memiliki kandungan asam yang tinggi, dengan warna hitam pekat. Keduanya menjadi alasan mengapa rutin konsumsi kopi berpotensi meninggalkan noda di gigi. Apalagi usai meminum kopi, biasanya gigi tak langsung disikat. Hal itulah yang membuat kopi jadi menempel terlalu lama di gigi dan secara perlahan merubah warna gigi.

sumber : detik.com