Filter Rokok di Indonesia Mengandung Darah Babi? - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Filter Rokok di Indonesia Mengandung Darah Babi?


“Halo-halo! Anda tahu darah saya ada di filter rokok Anda?” Kalimat itu tercantum di bawah gambar seekor babi yang sedang mengisap rokok.


Ilustrasi tersebut merupakan bagian dari presentasi Dr. Hakim Sorimuda Pohan SpOG saat berkampanye antirokok di depan ratusan pegawai negeri sipil, pengelola hotel dan restoran, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu 26 Juni 2013 lalu. Wali Kota Banjarmasin Muhidin hadir dalam acara sosialisasi peraturan daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) itu.

Dalam fokus majalah detik edisi 84 Pengurus Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) ini mengungkapkan adanya kandungan hemoglobin babi pada filter rokok. Protein yang terkandung di dalam sel darah merah tersebut berfungsi untuk menangkap racun-racun rokok sebelum masuk ke tubuh perokok. Hal itu berdasarkan temuan seorang peneliti Belanda, Christien Meindertsma.

Dalam observasinya, Christien Meindertsma menemukan setidaknya 185 produk yang mengandung elemen tubuh babi, termasuk filter rokok. Hemoglobin babi itu ditemukan dalam salah satu merek rokok Yunani.

Dr. Hakim Sorimuda Pohan SpOG
Hakim Sorimuda Pohan: Silakan Bantah Soal Babi Itu secara Ilmiah

Hakim mendasarkan keyakinannya pada penelitian Christien Meindertsma, peneliti dari Eindhoven, Belanda. Ia yakin filter yang mengandung darah babi juga beredar di Indonesia, sebab Indonesia belum membuat filter sendiri dan masih impor. Perusahaan pembuat filter kebanyakan ada di Eropa. 

Berikut wawancara Monique Shintami dan Isfari Hikmat dari majalah detik dengan Hakim Sorimuda Pohan:

Pernyataan Anda bahwa setiap filter rokok yang ada di Indonesia itu mengandung darah babi kini menjadi heboh. Bagaimana ceritanya Anda membuat pernyataan itu? 
Saya dikirimi publikasi-publikasi terakhir tentang tobacco product. Saya baca hasil investigasi Christien Meindertsma, bahwa hemoglobin yang digunakan untuk filter rokok adalah hemoglobin dari rumah potong. Rumah potong yang ada di Eropa, yang banyak di sana, rumah potong untuk hewan babi. Jadi ternyata filter itu diberikan hemoglobin, celakanya hemoglobin berasal dari darah yang dipotong dari hewan babi.

Apa fungsi hemoglobin babi dalam filter rokok? 
Saya baca dalam penelitian Christien itu, ternyata filter rokok supaya efektivitas menangkap gas karbon monoksida (CO) menjadi sangat tinggi, dia dibubuhi hemoglobin.

Saya dokter, saya paham betul bahwa hemoglobin adalah bagian komponen darah yang berfungsi mengikat oksigen untuk dibawa ke seluruh bagian tubuh. Tetapi kalau ada kompetisi antara hemoglobin dan oksigen serta hemoglobin dan CO, maka katanya dengan CO 600 kali lebih kuat.

Sumber: detik.com