Busyet, Ada Orang Ambil KPR Sampai 15 Kali! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Busyet, Ada Orang Ambil KPR Sampai 15 Kali!


Masih longgarnya aturan KPR membuat orang bisa memeroleh pembiayaan sampai 15 kali, yang menurut Bank Indonesia menunjukkan masih adanya unsur spekulasi dalam pengambilan KPR.


Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah debitor yang lebih dari sekali memeroleh pembiayaan dari kredit pemilikan rumah (KPR) ada sebanyak 35.200 orang dengan portofolio kredit mencapai Rp31,8 triliun.

“Individu di Indonesia untuk KPR, berdasarkan sistem informasi debitor yang dimiliki BI, total debitor KPR yang lebih dari dua (KPR) itu ada 35.200 orang, dengan protofolio Rp31,8 triliun,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah di Gedung BI, Jakarta, Kamis, 11 Juli 2013.

Ia menjelaskan, dari jumlah tersebut, 31.300 di antaranya telah memeroleh pembiayaan KPR sebanyak dua kali, dengan total outstanding Rp22,9 triliun. Sementara debitor yang memiliki KPR lebih dari dua, lanjut Halim, atau tiga sampai sembilan kali itu ada 3.884 orang dengan total outstanding Rp8,2 triliun.

“Untuk yang memeroleh 9-12 KPR, jumlah tidak banyak. Ada juga (yang terima) 12-15 KPR,” tukasnya.

Ia menegaskan, makanya bank sentral berusaha menjaga kucuran KPR tidak menjadi ajang spekulasi sehingga menimbulkan gagal bayar. Melihat kenyataan ini, BI bersiap memertajam aturan LTV yang sudah ada dengan menerapkan aturan tambahan bagi debitor penerima KPR kedua, dst, yang akan dikenakan maksimal LTV berbeda.

“Ini mengarahkan ke stabilitas perbankan. Untuk masing-masing KPR, sasaran aturan ini untuk meredam spekulasi. Kita arahkan adalah kepemilikan rumah kedua, dst. Dengan asumsi satu keluarga cuma perlunya satu rumah saja,” tutup Halim.