Baca ini Dulu Sebelum Menggunakan BB Cream - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Baca ini Dulu Sebelum Menggunakan BB Cream


Popularitas BB Cream masih belum pudar. Meski sudah bertahun-tahun ramai merambah di berbagai negara, BB Cream masih diproduksi banyak merek skin care ternama di pasaran sebagai produk terbaru mereka. Bahkan Anda bisa mendapati satu brand memiliki lebih dari 4 jenis BB Cream.

Tapi ternyata, walau popularitas BB Cream makin menanjak, masih banyak orang yang bingung sebenarnya apa fungsi BB Cream. Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan adalah, "Apa perbedaan BB Cream dengan Foundation?" Nah, jika Anda memiliki pertanyaan ini dalam pikiran Anda, Anda tidak sendirian. Ayo kita beda BB Cream!

Apa itu BB Cream?
Kepanjangannya adalah Blemish Balm atau ada juga yang menyebutnya Beauty Balm. Jika saya merangkumnya dalam satu kalimat pendek, BB Cream adalah all-in-one product. Dari satu produk BB Cream, Anda akan mendapatkan pelembap, alas bedak, skin care, dan juga proteksi dari sinar UV. Saat ini, orang-orang cenderung menyukai produk yang lebih praktis dan cepat. Dan jujur, saya pikir BB Cream adalah penyelamat jika Anda tidak punya banyak waktu di pagi hari dan harus buru-buru.

Dari mana asal BB Cream?
Jika Anda mengira BB Cream berasal dari Korea, Anda keliru. Memang Korea yang membuat BB Cream menjadi sangat populer di seluruh dunia.  Kulit mulus, sehat, dan cerah sangat terkenal dan digandrungi orang banyak saat ini karena artis-artis Korea Selatan yang memiliki kulit wajah nyaris sempurna, tetapi BB Cream berasal dari Jerman. Ditemukan oleh seorang dokter kulit yang bernama Dr Christine Schrammek yang menciptakan sebuah salep untuk pasien yang telah melalui operasi plastik.

Mengapa memilih BB Cream?
Menggunakan pelembap, produk perawatan kulit, primer, sunscreen, dan foundation pasti akan memakan waktu lebih lama daripada hanya menggunakan satu produk saja. Jika saya bisa mendapatkan manfaat dan perlindungan yang saya inginkan dari satu botol, mengapa tidak? Ini menghemat lebih banyak waktu, dan juga menghemat uang.

Kita juga dapat menemukan banyak jenis BB Cream. Entah Anda ingin hasil yang matte atau agak berkilau, Anda dapat menemukan BB Cream sesuai dengan pilihan Anda itu. Anda ingin SPF yang tinggi?  Atau justru ingin SPF yang rendah?  Semuanya tersedia. Bahkan, jika Anda ingin ada bahan tertentu yang Anda mau, seperti anti-aging atau hydration, Anda pun dapat menjumpai BB Cream yang sesuai.

Perlu diketahui bahwa BB Cream tidak menyediakan full coverage layaknya foundation, tapi untuk penggunaan sehari-hari ini justri lebih baik. Saya sendiri tidak suka jika harus menggunakan makeup yang terasa berat dan tebal untuk sehari-hari.

Tapi sebagai orang yang benar-benar percaya pada pentingnya perawatan kulit, saya tidak menyarankan Anda melewatkan perawatan kulit Anda dan langsung menggunakan BB Cream. Perawatan kulit dalam BB Cream hanyalah manfaat tambahan. Baiknya tetap lakukan langkah-langkah skin care Anda seperti biasa.

Manfaat BB cream
Pada penggunaan yang teratur, Anda dapat merasakan efek menakjubkan. Diantaranya, membuat kulit lebih cerah, anti jerawat, anti kerut, melembabkan, anti radang, penyembuhan luka, dan mengecilkan pori-pori kulit, serta melindungi kulit dari sinar matahari. Hmmm…pasti Anda akan langsung berpikir untuk segera berpaling pada krim ini ya.

Amankah bagi kulit yang sehat?
Melihat khasiat ajaibnya, BB cream tak hanya digunakan untuk merawat bekas luka, orang-orang dengan kulit yang sehat pun tergiur dengan hasilnya yang menakjubkan. Menurut Eddy Karta, BB cream yang mengandung lebih banyak vitamin, dan antioksidan justru bagus untuk perawatan kulit sehari-hari.

"Krim ini dapat digunakan sebagai pelembab, tabir surya, dan foundation sehingga sekarang BB cream lebih banyak digunakan untuk kosmetik dibandingkan untuk perawatan luka operasi."

Jadi, Anda tidak perlu menambahkan pelembab atau pun foundation jika sudah menggunakan BB cream.

Apakah cocok untuk kulit orang Indonesia?
Beberapa merek luar tentu saja dirancang sesuai dengan iklim mereka, tapi Anda tetap dapat menggunakannya kok. Cukup oleskan tipis saja agar kulit tidak terlalu berminyak, mengingat kandungan moisturizer di dalamnya cukup tinggi. Atau jika ingin aman, coba cari BB cream dengan merk lokal.

“Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, penggunaan BB cream tidak dianjurkan karena mengandung  pelembab yang sangat banyak di dalamnya. Tapi kalau Anda masih ingin mencoba, pilih yang memiliki kadar spf lebih rendah.”

Bagaimana cara menggunakan BB Cream?
BB Cream memang mengandung bahan-bahan perawatan kulit dan mengklaim bisa melembapkan kulit. Tapi saya selalu menggunakannya setelah menggunakan pelembab saya terlebih dahulu. 

Seperti yang telah dikatakan di atas, semua bahan perawatan kulit dalam BB Cream hanya manfaat tambahan. Saya ingin memastikan bahwa kulit saya sudah lembap dengan baik sebelum menggunakan BB Cream.

Jadi yang saya gunakan adalah: pelembap - BB Cream – bedak tabur. Kita dapat menggunakan tangan, sponge, atau brush untuk mengaplikasikan BB Cream.  Saya hanya menggunakan bedak tabur ketika saya punya acara di luar kantor sepanjang hari. Kalau tidak, saya tidak akan menggunakan bedak sama sekali karena BB Cream saja sudah cukup. Namun sekali lagi, ini kembali ke pilihan kita masing-masing.



Bagaimana memilih BB Cream yang tepat?
Hal pertama adalah ketahui apa yang ingin Anda cari. Sebagai contoh, saya ingin BB Cream yang bisa memberi efek kulit lembap dan berkilau, tentunya saya tidak mau membeli BB Cream yang menjanjikan efek matte (tanpa kilau).  

Anda juga perlu mengetahui jenis kulit Anda sebelum membeli BB Cream. Akan lebih baik lagi jika bisa meminta atau membeli sample-nya. Kita bisa mencobanya terlebih dahulu di wajah, sehingga bisa mengetahui seberapa baik BB Cream itu menyatu dengan kulit. Jika cocok, baru beli full size.

Mungkin Anda juga tahu, sekarang banyak sekali online shop  yang menjual BB Cream. Pastikan online shop tersebut memiliki reputasi yang baik, dan jangan malas untuk mencari tahu perbedaan produk-produk asli dan yang palsu.