Nazaruddin Masih Bisa Berbisnis dari Balik Penjara - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Nazaruddin Masih Bisa Berbisnis dari Balik Penjara


Terpidana kasus suap wisma atlet SEA Games Muhammad Nazaruddin dikabarkan masih menjalankan bisnisnya dari dalam ruang tahanannya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.


Mananggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas menegaskan hal itu dipicu oleh lemahnya sistem pengawasan yang dilakukan pihak lapas.

"Bisnis Nazaruddin di LP itu sesungguhnya bukti adanya kelemahan sistem pengawasan di LP itu (Sukamiskin)," ujar Busyro di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Meski dugaan aktivitas di lapas yang melanggar hukum itu bukan lagi tanggung jawab KPK, melainkan Kementerian Hukum dan HAM, namun kata Busyro, lembaganya akan terus memantau Nazaruddin.

"Itu jadi penting mengenai kegiatan yang bersangkutan. Nah, karena ada sejumlah kasus Nazaruddin yang saat ini juga masih kami tangani, maka KPK akan terus memantau," terang Busyro.

Lalu, apakah KPK berencana akan kembali memindahkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut ke rutan yang ada di gedung KPK? "Belum ada rencana pemindahan Nazaruddin ke KPK. Di Sukamiskin itu kan juga baru," kata Busyro.

Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menyatakan seharusnya di LP Sukamiskin, tingkat penertibannya tinggi. Namun, Denny menyatakan akan memberikan sanksi tegas kepada narapidana yang melanggar aturan. "Kalau yang bersangkutan masih melakukan penyimpangan, akan diberikan sanksi tegas," ucap Denny.

Dihubungi terpisah, kuasa hukum Nazaruddin, Rufinus Hutauruk mengaku tidak tahu kabar yang menyebutkan kliennya masih memiliki sejumlah perusahaan yang secara aktif diurusinya. "Saya hanya ditunjuk sebagai kuasa hukum kasus Wisma Atlet. Mengenai TPPU-nya (Tindak Pidana Pencucian Uang), saya belum mengetahuinya," jelas Rufinus.

Nazaruddin harus menghuni LP Sukamiskin selama 7 tahun. Dia terbukti melakukan korupsi dalam proyek wisma atlet.

Sumber: liputan6.com