Jakarta Fair (PRJ) 2013 Sudah Dibuka! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Jakarta Fair (PRJ) 2013 Sudah Dibuka!


Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair sebagai ajang arena hiburan dan pameran multi produk terbesar di Asia Tenggara, akan dibuka mulai 6 Juni hingga 7 Juli 2013, di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Event ini akan berlangsung 32 hari, dan merupakan etalase aneka produk unggulan dalam negeri, yang dimeriahkan oleh konser musik nonstop 32 hari menampilkan lebih 260 band dan penyanyi top Indonesia. 

 Hari pertama pembukaan Jakarta Fair bertepatan dengan hari libur nasional sehingga menjadi moment yang tepat untuk menjadi tujuan wisata masyarakat ibukota dan sekitarnya. Oleh karena itu, khusus di tanggal 6 Juni, acara akan dibuka lebih awal sejak jam 10 pagi hingga jam 11 malam dan akan semakin meriah dengan adanya pesta kembang api.

Event tahunan ini diselenggarakan oleh PT. Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemprov DKI Jakarta, dalam rangka merayakan HUT Kota Jakarta yang ke-486, serta bertepatan dengan musim liburan sekolah. Penyelenggaraan Jakarta Fair tahun ini adalah untuk yang ke-46 kalinya



Kepastian penyelenggaraan Jakarta Fair disampaikan dalam konferensi pers di Arena PRJ Kemayoran, Kamis 30/5, yang dihadiri oleh Bapak Prajna Murdaya selaku Managing Director PT. JIExpo dan Ketua Umum Panitia Penyelenggara Jakarta Fair 2013, didampingi oleh Ralph Scheunemann (Direktur Marketing PT JIExpo) dan Oki Setiawan (General Manager PT. JIExpo). Acara press conference juga dihadiri oleh unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Presiden Direktur PT. JIExpo, Ibu Dra. Siti Hartati Murdaya, menyampaikan salam dan permohonan maaf karena tidak bisa hadir dalam press conference. Ia berharap penyelenggaraan Jakarta Fair 2013 dapat berlangsung lancar dan sukses, sehingga membawa manfaat tidak saja bagi masyarakat DKI Jakarta, melainkan juga bagi masyarakat di seluruh Indonesia.


Jakarta Fair 2013 diikuti oleh 2.650 peserta yang tergabung dalam 1.280 stand, yang terdiri dari kalangan usaha dan industri besar, menengah, hingga koperasi dan usaha kecil-mikro. Juga diikuti anjungan BUMN dan pemerintah provinsi / kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

Panitia mentargetkan event ini dikunjungi oleh sedikitnya 4,8 juta pengunjung dengan nilai transaksi langsung antara pengunjung dengan stand peserta ditargetkan mencapai Rp 4,5 trilyun. Target ini sedikit lebih tinggi dibanding Jakarta Fair tahun lalu yang dikunjungi 4,5 juta orang dengan nilai transaksi mencapai Rp 4 trilyun.

Tema Jakarta Fair Kemayoran 2013 adalah "Terus Maju Jakartaku" dengan sub tema "Sebagai Ajang Promosi Produk Berkualitas Jakarta Fair Terus Mendorong Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Nasional". Tema tersebut sejalan dengan tema peringatan HUT DKI Jakarta Ke-486, "Jakarta Baru, Jakarta Kita", karena Jakarta Fair Kemayoran adalah bagian tak terpisahkan dari kemajuan Kota Jakarta menuju Jakarta Baru yang lebih baik.


Menurut Ketua Umum Panitia Penyelenggara, Bapak Prajna Murdaya, penyelenggaraan Jakarta Fair ini merupakan bagian dari pengabdian PT. JIExpo kepada bangsa dan negara Republik Indonesia. PT. JIExpo memiliki missi mengembangkan industri MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) di Indonesia. 

Jika pameran seperti Jakarta Fair ini terus berkembang maka akan merangsang promosi perdagangan, merangsang inovasi perindustrian, menjadi pemicu peningkatan investasi, menyerap tenaga kerja, dan pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Wisata Belanja

Panitia penyelenggara berharap, event ajang arena hiburan keluarga dan pameran multi-produk terbesar dan terlengkap dengan durasi penyelenggaraan paling lama di Asia Tenggara ini diharapkan menjadi tujuan utama wisata belanja bagi jutaan pengunjung baik dari Jabodetabek maupun dari daerah lain di seluruh Indonesia.

Pada Jakarta Fair 2013 ini akan dipamerkan berbagai produk ungulan yang akan dijual langsung ke konsumen dengan harga promosi. Diantaranya otomotif mobil, sepeda motor, furniture, building material, lighting fixtures, handycraft, garmen & textile, peralatan rumah tangga, komputer, alat olah raga, kosmetik, herbal & medicine, makanan dan minuman, perbankan, fashion, telekomunikasi, multimedia, property, produk jasa, hingga produk emas batangan dan emas murni pun ada di Jakarta Fair.

Total area pameran seluas 130 ribu meter persegi terbagi dalam 13 hall ditambah area Gambir Expo, Gedung Pusat Niaga, dan Open Space JIExpo. Arena pameran didukung oleh sarana yang memadai, seperti kebersihan berstandar internasional, tersedia sedikitnya 800 urinoir dan toilet, dan sarana parkir yang mampu menampung lebih 10 ribu mobil dan 20 ribu sepeda motor.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair Kemayoran juga akan berbagi hadiah dan doorprize untuk pengunjung, dengan cara mengundi tiket masuk. Tahun ini panitia menyediakan hadiah spektakuler, yakni satu unit sepeda motor setiap hari, dan satu unit mobil setiap minggu. Total terdapat 30 sepeda motor dan 5 buah mobil.

Jakarta Fair juga akan dimeriahkan oleh konser musik 32 hari nonstop, menampilkan lebih 270 band dan penyanyi top Indonesia, diantaranya Iwan Fals, Slank, Nidji, Geisha, God Bless, Maliq & d'essentials, Tony Q, Kotak, Trio Macan, dan lain-lain.

Panggung Utama Jakarta Fair menampilkan konser multi-genre musik sejak rock, reggae, pop, jazz, dan lain-lain, sedang Panggung Gambir akan menampilkan pertunjukan musik dan pertunjukan budaya dari seluruh Indonesia, termasuk menampilkan pertunjukan budaya dari Mesir, Yunani, Taiwan, Kanada, Togo, dan Rusia, yang tergabung dalam Enjoy Jakarta International Folklore Festival (EJIFF).

Aneka kuliner khas Nusantara juga tersedia, diantaranya food-court Expo Resto di depan panggung utama, dimana pengunjung dapat menikmati aneka menu lezat sambil bersantai menonton konser musik spektakuler secara langsung. Di sisi barat Hall-E dan di Gambir Expo juga terdapat food-court yang menyajikan aneka menu khas, diantaranya dari Warung Teko, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Soto Bangkong, Sapo Garden, Restaurant Shih-Lin, dan lain-lain.

Dan yang tidak ketinggalan, event Jakarta Fair juga akan dimeriahkan oleh berbagai lomba, seperti lomba foto, lomba jurnalistik untuk wartawan, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, juga akan dimeriahkan oleh kontes kecantikan Miss Jakarta Fair. Tahun ini Miss Jakarta Fair tidak hanya dibuka untuk para sales promotion girl (SPG) yang terlibat di dalam Jakarta Fair, melainkan juga dibuka untuk umum.



Tiket masuk PRJ, hari Senin-Kamis sebesar Rp 20 ribu per orang. Sementara Jumat-Minggu Rp 25 ribu per pengunjung. Harga tersebut sudah termasuk nonton musik gratis. Disediakan pintu khusus bagi lansia dan tidak dikenakan biaya.

Bagi Anda yang akan datang ke PRJ akan dimudahkan dengan pelayanan BLU Transjakarta. Akan disiapkan halte khusus busway di pintu II arena PRJ, dan disediakan 4 bus gratis Transjakarta. Bahkan khusus hari libur akan dioperasikan 6 unit bus.

Bus Transjakarta yang menuju PRJ akan beroperasi dari pukul 15.00-23.00 WIB. Kecuali hari libur, bus beroperasi dari pukul 09.00-23.00 WIB. Anda tidak perlu repot membawa kendaraan hingga ke Kemayoran, tapi dapat memarkir kendaran di IRTI Monas dan dan naik bus Transjakarta sampai PRJ.

Selain itu, ada juga ajang pemilihan Miss Jakarta Fair dan juga pesta kembang api. Pembukaan Jakarta Fair ke-45 ini rencananya akan diresmikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.