22 Juni 2013, Naik Bus TransJakarta Gratis! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

22 Juni 2013, Naik Bus TransJakarta Gratis!


Tiket gratis Transjakarta pada tanggal 22 Juni 2013 bisa dinikmati oleh penumpang sejak pukul 05.00 WIB hingga 23.00 WIB. Tiket bus Transjakarta yang digratiskan akan diterapkan untuk semua koridor yakni dari koridor I hingga koridor XII.

Namun untuk koridor I (Blok M-Kota) dan koridor II (Harmoni-Pulogadung) akan ada perpendekan rute karena pada pukul 21.00-22.00 akan ada kegiatan Malam Muda Mudi di sepanjang Jala Medan Merdeka Barat-Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Dengan adanya tiket gratis ini, kami mencoba mempromosikan kembali kepada masyarakat untuk menggunakan bus TransJakarta," kata Humas UP Transjakarta, Sri Ulina Pinem saat dihubungi Warta Kota, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2013).

Dia mengatakan setiap penumpang yang akan naik bus Transjakarta pada 22 Juni mendatang, tetap diberikan tiket. Diperkirakan jumlah penumpang akan meningkat dengan adanya kebijakan ini. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pihaknya akan menyiagakan petugas tambahan dimasing-masing halte.

"Setiap penumpang diberi tiket seperti biasa dan mengantri di halte. Apabila kondisi sudah penuh, maka penumpang yang akan masuk dibatasi dulu," katanya.

Ulina menambahkan bahwa armada bus TransJakarta akan ditambah menuju lokasi-lokasi wisata seperti Ancol dan Taman Marga Satwa Ragunan. Pasalnya, selama ini banyak sekali wisatawan yang menggunakan bus TransJakarta pada saat liburan. "Nanti armada akan diperbanyak di lokasi wisata kaya Ancol dan Ragunan," katanya.

Persiapan BLU TransJakarta

Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-486 DKI Jakarta, Badan Layanan Umum (BLU), 540 armada bus TransJakarta telah disiapkan untuk mengangkut warga ibukota yang ingin berkeliling Jakarta dengan gratis atau tanpa dipungut biaya pada 22 Juni 2013.

"Armada yang disiapkan 540 meliputi 355 bus single dan 185 bus gandeng," kata Humas UP Transjakarta, Sri Ulina Pinem saat dihubungi Warta Kota, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2013).

Tak hanya itu, karyawan BLU TransJakarta juga semuanya akan masuk untuk melayani masyarakat Jakarta. Hal ini dilakukan karena takut adanya lonjakan penumpang saat HUT DKI Jakarta.

"Persiapannya yang pasti kita sudah memasukan pegawai yang libur untuk hari itu (22/6/2013)," katanya.

Selain itu, menurut Ulina, pihaknya menyiapkan beberapa lokasi posko taktis, yang digunakan untuk menangani kondisi darurat seperti penumpang pingsan. Serta melakukan kerjasama dengan kepolisian untuk mengamankan haltel-halte transit.

"Karena diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang, kita juga sediakan ambulance. Untuk masalah keamanan kita berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya," katanya.