Penggunaan Telepon Seluler Selama Penerbangan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Penggunaan Telepon Seluler Selama Penerbangan



Keselamatan penerbangan menjadi prioritas teratas para penumpang. Penggunaan telepon seluler selama penerbangan adalah fokus pembicaraan yang kini masih belum menemukan kata sepakat.


Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan akan mempelajari apakah penumpang pesawat diperbolehkan menggunakan smartphone dan gadget lain selama penerbangan. 

Seorang agen di lembaga tersebut mengatakan bahwa sebuah kelompok industri pemerintah akan segera dibentuk guna meninjau kebijakan terkini, metode pengujian, dan standar teknologi, kemudian merekomendasikan hasil diskusi tersebut kepada FAA. 

Tim tersebut akan diresmikan beberapa bulan ke depan dan menggelar rapat selama enam bulan sebelum mengumumkan rekomendasi perihal penggunaan ponsel di pesawat.

“Kami sedang mencari informasi untuk membantu penerbang dan operator memutuskan apakah penggunaan perangkat elektronik di pesawat secara leluasa diperbolehkan," kata Michael Huerta selaku administrator FAA, seperti dikutip dari SMH, Rabu (29/8/20120).

“Banyak maskapai penerbangan menawarkan sinyal Wi-Fi ketika pesawat sedang mengudara. Kebijakan baru tersebut membuat bussiness travelers dapat bekerja di pesawat sehingga mengefisienkan 40 menit waktu produktif mereka,” ujar Kevin Mitchell, Ketua Koalisi Perjalanan Bisnis.

"Ini adalah hal yang baik. Para pilot menggunakan iPad selama penerbangan, mengapa penumpang tidak boleh?," tegas pemilik group dagang yang berpusat di Radnor, Pennsylvania ini.

Utamakan Keamanan!
Peraturan FAA meminta maskapai penerbangan untuk memastikan apakah interfensi frekuensi radio dari perlengkapan elektronik tidak akan berdampak pada avionic pesawat, sebelum memperbolehkan penggunaan produk tersebut. Beberapa test wajib dilakukan terlebih dahulu.

“Keamanan dari para penumpang dan kru merupakan prioritas utama, dan anggota kami akan bekerja secara kooperatif dengan FAA untuk mengevaluasi perlengkapan elektronik, apakah dapat digunakan secara aman selama penerbangan,” kata Steve Lott, juru bicara sebuah maskapai dari Amerika

Menurut situs FCC (Federal Communications Commission), mereka melarang penggunaan ponsel saat pesawat mengudara dengan alasan melindungi perangkat nirkabel di darat. FAA juga membatasi penggunaan perangkat ponsel untuk mencegah interferensi dengan pesawat navigasi dan sistem komunikasi.

"Ini adalah masalah kepentingan konsumen," kata Menteri Transportasi Ray LaHood, yang membawahi FAA. "Kita harus menetapkan standar yang tepat seperti membantu industri mempertimbangkan teknologi terbaru yang aman digunakan penumpang saat penerbangan,” tandasnya.

Sumber: okezone.com