18 Fakta Unik Mengenai Margaret Thatcher - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

18 Fakta Unik Mengenai Margaret Thatcher



Terlahir bernama Margaret Hilda Roberts di Grantham, Lincolnshire, kota kecil di timur Inggris, 13 Oktober 1925. Thatcher memulai debut politiknya saat menyampaikan pidato pada usia 20 tahun. Ia mengenyam pendidikan di ilmu kimia Universitas Oxford.


Margaret Thatcher mendapatkan tempat khusus dalam sejarah ketika ia terpilih sebagai  Perdana Menteri Inggris perempuan pertama pada tahun 1979.


Margaret dikenal dengan kemauan dan tekad yang kuat, dia memimpin Partai Konservatif melalui kemenangan pemilu sebanyak tiga kali, memegang jabatan selama 11 tahun - lebih lama dibandingkan Perdana Menteri Inggris lainnya di abad ke-20. 


Pada 1987, Thatcher kembali terpilih menjadi Perdana Menteri untuk yang ketiga kalinya. Namun, sebelum masa pemerintahannya berakhir, ia mengundurkan diri pada 1990 akibat tekanan di internal partai. Kebijakan pajak yang dikeluarkannya dinilai memberatkan dan menimbulkan gejolak di masyarakat pada saat itu.

Berikut 18 fakta seputar Margaret seperti yang dilansir mirror.co.uk:
  1. Margaret lahir pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 1925  (Friday the 13th).
  2. Ia mendapatkan gelar pendidikan sebagai Sarjana Kimia, sempat bekerja sebagai tim peneliti kimia. Karyanya di bidang riset yang terkenal adalah dia membantu menemukan es krim yang memiliki tekstur lembut seperti yang kita ketahui saat ini.


  3. Dia meninggalkan karir di bidang penelitian kimia dan banting stir menjadi seorang pengacara.
  4. Pada tahun 1973 dia mengatakan tak pernah berpikir akan ada wanita yang akan menjadi perdana menteri di sepanjang kehidupannya.
  5. Margaret melakukan diet yang tak lazim selama dua minggu sebelum dinobatkan menjadi perdana menteri. Dari catatan yang ditemukan, sarapan pagi Margaret adalah buah anggur, dua butir telur, kopi hitam. Untuk makan siang: dua butir telur, bayam, tomat, kopi. Sedangkan untuk makan malam: steak ikan, tomat, mentimun, zaitun, kopi.
  6. Dia dijuluki 'Thatcher the milk snatcher' (Thatcher penjambret susu) setelah ia menyingkirkan susu gratis di sekolah
  7. Setelah menjadi Perdana Menteri, ia masih memasak makanan untuk Dennis, suaminya daripada memperkerjakan juru masak. Selain itu, dia juga memasak sendiri hidangan untuk menjamu para anggota kabinet.


  8. Dia adalah perdana menteri pertama lulusan Oxford sejak perang yang menolak mendapatkan gelar kehormatan.
  9. Ia hanya tidur selama 4 jam di malam hari.
  10. Menerima jasa 20 karateka wanita untuk melindungi dirinya saat menghadiri pertemuan ekonomi di Jepang pada 1979. Dia menerima pengawalan dari karateka wanita sedangkan pemimpian pria lain dikawal 20 karateka pria.
  11. Margaret mengatakan bahwa tempat paling aman di Downing Street adalah tas tangannya.
  12. Menyukai busana Inggris berlabel Acquascutum karena milik perusahaan keluarga Inggris.


  13. Menurunkan suaranya agar mirip setengah suara pria dan wanita agar terdengar lebih berwibawa.
  14. Lagu pop kesukaannya adalah Telstar yang dibawakan oleh The Tornados
  15. Ketika ia memenangkan lomba baca puisi di sekolah pada usia 9 tahun, kepala sekolahnya mengatakan bahwa ia menang karena keberuntungan, kemudian ia menjawabnya dengan percaya diri 'Aku tidak beruntung, Aku memang pantas mendapatkannya'.
    Margaret ketika duduk di sekolah dasar
  16. Butik Marks and Spencer kerap mengirimkan busana terbaru yang disukai Margaret.
  17. Lebih menyukai penata rambut lokal dari Inggris untuk menata rambutnya sebelum melakukan perjalanan ke berbagai negara. Model Rol Carmen adalah kesukaannya.
  18. Terkenal dengan julukan Wanita Besi yang awalnya diberikan oleh wartawan militer harian Red Star pada 1976 asal Uni Soviet, Kapten Yuri Gavrilov, karena konsistensi Thatcher menentang Uni Soviet dan komunisme. 
Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher meninggal di usianya yang ke-87, pada 8 April 2013 akibat penyakit stroke.