Teknologi Terbaru Ini yang Bikin Motor Honda Irit BBM - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Teknologi Terbaru Ini yang Bikin Motor Honda Irit BBM



Rumornya PT Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan Vario Techno 125 PGM-FI berfitur idling stop system (ISS). Dan kini, gosip peluncurannya makin santer.

Bahkan salah narasumber mengaku motor ini akan segera meluncur. Sambil menunggu, ada baiknya mengingat kembali apa itu ISS.

Sebelumnya, ISS sudah digunakan di Honda PCX 125 dan PCX terbaru bemesin 150. Sesuai nama idling stop system, teknologi ini adalah sistem untuk mematikan mesin ketika berada dalam keadaan idle atau langsam.

Dengan ISS, mesin bisa otomatis mati dalam keadaan langsam, tapi bisa nyala kembali hanya dengan memutar selongsong gas. Fitur ini berguna untuk menghemat bahan bakar seperti ketika berhenti di lampu merah atau jalanan macet. Enggak perlu repot putar kunci kontak atau pencet tombol starter.

Agar teknologi ini bisa bekerja, ada beberapa teknologi lain yang digabungkan. Untungnya, hampir semua dari teknologi yang dibutuhkan, sudah ada pada Vario Techno 125.

Diantaranya adalah  ACG starter, perangkat starter yang sekaligus menjadi altenator. Pada ACG Starter tidak ada lagi dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya, sehingga proses menyalakan mesin jadi lebih halus dan mudah.

Kabarnya, Vario Techno 125 yang mengusung teknologi ini akan menjadi line up model paling tinggi bersanding dengan fitur combine brake system (CBS). Kalau saat ini Vario Techno 125 CBS dijual Rp 15,9 juta on the road Jakarta, bisa dipastikan harga jual Vario Techno 125 CBS plus ISS akan ada di angka Rp 16 jutaan.