Suka Berkeliaran Bugil, Diplomat Afsel Dipulangkan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Suka Berkeliaran Bugil, Diplomat Afsel Dipulangkan



Pemerintah Afrika Selatan memulangkan konsul jenderalnya di Shanghai, China, setelah mendapatkan laporan sang diplomat terlihat berkeliaran bugil di sekitar rumah dinasnya.


Lassy Chiwayo, dipulangkan ke Pretoria setelah masa tugasnya di ibu kota bisnis China itu dengan alasan "kesehatan". Sejumlah sumber kepada harian The Daily Telegraph mengatakan Chiwayo mengalami masalah mental.

Sementara itu, dua harian terbitan Afrika Selatan melaporkan Chiwayo, politisi kawakan ANC yang sempat dipenjara bersama Nelson Mandela di Pulau Robben, ditemukan tengah berkeliaran tanpa busana di dekat kediamannya tiga bulan lalu.

"Dia sering menghilang beberapa hari tanpa jejak dan ditemukan dalam keadaan tanpa busana," demikian laporan Sunday World.

Chiwayo juga dikabarkan pernah menyerang Dubes Afsel untuk China, Dr Bheki Langa, dalam sebuah acara di Beijing. Selain itu, hubungannya dengan staf kedubes juga kurang baik.

Peristiwa memalukan ini terjadi hanya beberapa pekan setelah Afsel menjamu Presiden China Xi Jinping, dalam perjalanan luar negeri pertamanya untuk menghadiri KTT Kelompok Dagang BRICS.

Namun, Chiwayo (44) membantah kabar soal berkeliaran bugil dan menekankan hubungannya dengan Dubes Afsel di China sangat baik.

Ternyata bukan kali ini saja Chiwayo dililit masalah. Saat menjadi Wali Kota Nelspruit, Chiwayo menghadapi banyak masalah. Dia pernah menjadi sasaran serangan pembakaran yang membuat mobil mewah Porsche, sepeda motor roda empat, serta harta benda lainnya ludes dimakan api.

Lalu kediamannya juga pernah dimasuki pencuri, dan empat pasang sepatunya dibawa kabur. Chiwayo menuding semua insiden itu adalah perbuatan rival politiknya yang ingin menyampaikan "pesan".

Chiwayo juga sangat vokal terkait kematian seorang politisi yang diduga dibunuh saat akan mengungkap korupsi pembangunan stadion sepak bola yang akan digunakan di Piala Dunia 2010. Sejak saat itu, Chiwayo merasa dirinya juga akan menjadi korban pembunuhan.

Akibat berbagai insiden itu, Chiwayo pernah dirawat di rumah sakit sebanyak tiga kali akibat stres.

Sumber: kompas.com