Minggu Depan, Toyota Etios Hadir di Indonesia - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Minggu Depan, Toyota Etios Hadir di Indonesia


Toyota akan segera meluncurkan Etios di Indonesia. Mobil ini sudah lebih dulu hadir di India pada tahun 2010. Etios Valco ini akan menjadi pesaing berat untuk di kelasnya seperti Mitsubishi Mirage, Kia Pcanto, Honda Brio dan Nissan March.

Akio Nishimura
Chief Engineer Etios, Akio Nishimura, mengatakan bahwa ada beragam pengembangan yang dilakukan agar spesifikasinya cocok untuk pasar Indonesia.

"Styling tetap sama, tapi ada peningkatan, misalnya dari keamanan sudah tersedia airbag," kata Nishimura.

Keamanan Etios sudah teruji di Brazil berdasarkan NCAP (New Car Assessment Program), lanjut Nishimura. 

"Etios rating-nya 4, termasuk paling tinggi untuk segmen mobil kecil. Teknologi itu kami terapkan juga di Etios Indonesia," jelasnya.

Dengan memakai komponen lokal sebesar 55 persen, Etios akan diproduksi di Indonesia. Komponen lain, termasuk mesin, diimpor dari Jepang.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto mengatakan bahwa Etios ditujukan untuk kalangan menengah. 

Meski belum mengungkapkan kisaran harga, Joko mengatakan Etios diharap dapat menjadi pilihan mobil kedua bagi kalangan atas, juga mobil pertama bagi kalangan lain. 


Spesifikasi Etios Valco

Mesin

Sub kompak segmen A ini disuguhkan dalam tiga jenis varian, G, E dan J. Untuk mesin menggunakan mesin 3 NR – FE, 4-silinder, dengan 16 Katup DOHC yang mempunyai kapasitas 1.197 cc. Dengan Tenaga yang dihasilkan adalah 80 PS pada putaran 5.600 rpm dan menghasilkan torsi 103,9 Nm pada 3.100 rpm.


Toyota Etios Valco juga dilengkapi dengan transmisi manual 5 kecepatan. Bisa jadi ini merupakan strategi pemasaran Toyota Astra Motor yang mengeluarkan versi manualnya terlebih dahulu, sebelum nanti mengeluarkan versi matiknya.

Kabin Etios cukup kompak dengan panjang 3,775 cm; Lebar 1,695 cm; dan tinggi 1,510 cm dan sumbu roda 2,460 cm. Terdapat dua pilihan untuk Velg nya, 176/65 R14 (standar) dan 185/60 R15 (Alloy). Toyota menawarkan Etios Valco dengan enam pilihan warna yaitu White, Black Mica, Grey Metallic, Blue Metallic, Silver Metallic dan Beige Metallic.

Interior


Untuk bagian interior, terdapat ruang kabin yang cukup luas. Pada bagian dashboard terdapat odometer digital dan trip meter. Hampir sama dengan Vios, sistem audio 2 DIN dengan fitur AM/FM radio, MP3, USB Port, CD Player dan WMA. Empat speaker dan jam digital serta cooler box yang terdapat pada dashboard, karena aliran udara AC yang masuk lewat saluran khusus, dapat mendinginkan minuman kaleng.



Selain itu, pengemudi juga tidak perlu melepasa tangan dari setir mobil untuk mengatur audio karena sudah terpasang pada alat kemudi untuk tipe G dan tilt steering (tipe E dan J). Untuk fasilitas keamanan, Valco dibekali dengan dua kantong udara yang terdapat di depan dan sistem rem ABS dan EBD.