Kini Jakarta Punya Jembatan Penyeberangan Bereskalator - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Kini Jakarta Punya Jembatan Penyeberangan Bereskalator



Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo secara langsung meresmikan kaki tangga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) bereskalator The Capitol Residence, di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (6/3). 


JPO tersebut merupakan salah satu peningkatan prasarana dan fasilitas pendukung dalam sistem transportasi umum di Jakarta, khususnya TransJakarta busway. Saat ini JPO baru dibangun di halte Salemba Carolus, koridor 5 TransJakarta, rute Kampung Melayu-Ancol.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, pembangunan ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan serta menumbuhkan minat warga masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. 

"Pembangunan kaki tangga JPO Salemba Carolus yang menggunakan eskalator di Jalan Salemba Raya ini merupakan contoh peningkatan prasarana transportasi umum di wilayah DKI Jakarta," ujar Pristono dalam laporannya pada acara peresmian tersebut.

Kegiatan pembangunan kaki tangga JPO yang menggunakan eskalator ini, dilakukan melalui partisipasi pihak swasta (CSR/Corporate Social Responsibility) yaitu, The Capitol Group. 

Kaki tangga JPO semula hanya berupa tangga ramp, saat ini diubah menjadi menggunakan eskalator outdoor naik dan turun. Eskalator tersebut dibangun di atas lahan milik The Capitol Group seluas ±114 m2 dan menyerahkannya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"The Capitol juga menyumbang satu buah bus gandeng Transjakarta dan empat buah kamera CCTV," tambah Udar.

Direktur Utama Capitol Group I Gede Arcana mengatakan pembangunan JPO bereskalator ini merupakan bentuk kepedulian sosial perusahaan kepada masyarakat.

"Kami bangga bisa ikut berpartisipasi dalam rangka mewujudkan Jakarta baru yang indah, aman, nyaman, dan sejahtera," cetusnya. 


Secara simbolis, Jokowi didampingi Kepala Dishub DKI Udar Pristono, Walikota Jakarta Pusat Saefullah, serta Direktur Utama The Capitol, I Gede Arcana meresmikan JPO tersebut dengan menekan tombol untuk melajukan eskalator di JPO itu. Acara tersebut juga dihadiri oleh pihak Dirlantas Polda Metro Jaya serta Kementerian Perhubungan.