Ketidakpastian Bailout Siprus Buat Harga Emas Dunia Naik - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Ketidakpastian Bailout Siprus Buat Harga Emas Dunia Naik



Ketidakpastian pemberian bailout untuk Siprus meningkatkan kekhawatiran tentang krisis utang zona euro. Kondisi ini ikut mempengaruhi harga emas dunia.


Harga emas pada Comex New York untuk April diperdagangkan naik US$ 4,50 per troy ounce menjadi US$ 1.609,10 per troy ounce. 

"Situasi di Siprus, meskipun kecil untuk menunjukkan bahwa masalah di Uni Eropa masih jauh dari selesai dan itu akan memperburuk penurunan permintaan," kata Abhishek Deshpande, Analis komoditas Natixis seperti mengutip Reuters, Rabu (20/3/2013).

Parlemen Siprus dikabarkan menolak mentah-mentah usulan retribusi deposito bank sebagai syarat untuk mendapatkan bailout Eropa senilai 17 miliar Euro. 

Kondisi ini membuang upaya penyelamatan dari kekacauan krisis utang dalam mata uang.

Harga emas mencapai tingkat tertinggi pada pekan minggu di atas US$ 1,615 per troy ounce karena kabar bailout Cyprus.

Seperti mengutip Kitco.com, pasar masih gelisah akibat laporan dan rumor yang berputar-putar mengenai bailout Siprus dan voting parlemen Siprus tentang masalah ini. Serta, kemungkinan bantuan lebih lanjut dari Dana Moneter Internasional (IMF). 

Bank-bank di Siprus tetap ditutup pekan ini karena rencana bailout tersebut. Perkembangan terbaru dalam krisis utang Uni Eropa secara keseluruhan adalah salah satu pengingat seriusnya masalah ekonomi Uni Eropa.

Selama akhir pekan, para pejabat seperti wakil-wakil dari Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Sentral Eropa dan Menteri Keuangan Zona Euro mencapai kesepakatan atas rencana bailout untuk Siprus yang akan mengenakan pajak sampai 10% pada deposito bank. 

Sumber: liputan6.com