Tiga Maskapai Angkut Penumpang Batavia tanpa Biaya - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Tiga Maskapai Angkut Penumpang Batavia tanpa Biaya


Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan menuturkan saat ini sudah terdapat tiga maskapi penerbangan yang akan memfasilitasi penumpang Batavia Air tanpa dikenakan tambahan biaya.

Tiga maskapai tersebut adalah Mandala Air, Express Air, dan Citilink. "Fasilitas diberikan untuk beberapa rute yang dilalui oleh Batavia sesuai permintaan tiga maskapai tersebut," ujar Bambang, Sabtu, 2 Februari 2013.

Ia menuturkan,pemerintah menawarkan 42 rute domestik dan 6 rute internasional yang dimiliki oleh Batavia kepada para maskapai dengan kompensasi maskapai bersedia memberika fasilitas penerbangan pada penumpang Batavia secara cuma-cuma. Dari penawaran tersebut, baru tiga maskapai yang menyatakan berminat dan mengajukan permohonan pada pemerintah.

Mandala misalnya mengajukan 3 rute domestik dan 1 rute internasional milik Batavia untuk diambil alih. Sementara, Express Air mengajukan 4 rute di mana baru diberikan dua rute oleh pemerintah dan mulai beroperasi Senin besok.

Untuk Citilink, mengajukan hingga 14 rute di mana sebagian rutenya sudah dimiliki oleh maskapai tersebut dan mulai diberikan izin operasi pada Selasa depan. "Tetapi penuh 14 rute itu maksimal baru bisa sampai dua bulan," kata dia.

Selain tiga maskapai tersebut, terdapat tiga maskapai lain yang bersedia memfasilitasi penumpang Batavia yaitu Sriwijaya Air, Lion Air dan Indonesia Air Asia. Tetapi untuk tiga maskapai ini karena sifatnya sukarela dan berdasar rasa solidaritas, mekanisme fasilitas diserahkan langsung kepada maskapai.

"Disesuaikan dengan jumlah seat mereka juga," jelasnya. Bambang menegaskan, kebijakan ini dilakukan dengan menggunakan wewenang pemerintah untuk menghindari terjadinya penumpukan dan stabilitas penerbangan.

Sumber: tempo.co