Panglima Militer Guinea Tewas dalam Kecelakaan Pesawat - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Panglima Militer Guinea Tewas dalam Kecelakaan Pesawat



Kepala angkatan bersenjata Guinea dan sejumlah pejabat Guinea lainnya tewas dalam kecelakaan pesawat kota Charlesville, Liberia, Senin (11/2/2013).


Sumber-sumber di kantor kepresidenan Guinea mengatakan, sedikitnya 11 orang berada dalam pesawat itu, termasuk kepala angkatan bersenjata Jenderal Kelefa Diallo. Semua penumpang pesawat itu dikabarkan tewas.

"Kecelakaan merenggut nyawa enam anggota delegasi yang dipimpin Jenderal Souleymane Kelefa Diallo, kepala angkatan bersenjata, dan lima kru," kata Menteri Pertahanan Guinea Abdoul Kabele Camara dalam sebuah pernyataan.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai apa penyebab kecelakaan itu.


Delegasi Guinea itu sedang dalam perjalanan ke Monrovia untuk menghadiri perayaan tahunan hari angkatan bersenjata Liberia. Dalam rangkat perayaan itu, Liberia mengundang pejabat dari negara-negara tetangga, termasuk Guinea.

Para petugas penyelamat dan polisi dikirim ke lokasi kecelakaan, sekitar delapan kilometer dari bandara internasional Liberia, yaitu Bandara Roberts International yang terletak sekitar 65 kilometer tenggara ibu kota Monrovia. Sebagian besar daerah di tempat pesawat itu jatuh tertutup hutan lebat.  

Presiden Guinea Alpha Conde mengangkat wakil Camara, Jenderal Namory Traore, sebagai kepala angkatan bersenjata sementara.

Terkait kecelakaan itu, Camara mengumumkan tiga hari berkabung nasional di Guinea mulai Senin. Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf juga menyatakan hari berkabung bagi para korban pada hari Selasa ini. "Kita semua berdoa untuk jiwa-jiwa warga Guinea yang meninggal dalam kecelakaan itu," kata Sirleaf di televisi nasional.

Sumber: kompas.com