Astaga.. Hanya Model Rambut ini yang Boleh Dipilih di Korut! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Astaga.. Hanya Model Rambut ini yang Boleh Dipilih di Korut!



Tidak pernah ada perempuan dan pria Korea Utara (Korut) yang memiliki gaya rambut trendi layaknya artis-artis Hollywood atau model ternama. Hal itu disebabkan karena mereka dipaksa memilih beberapa model rambut yang sudah ditentukan pemerintah.


Bagi perempuan, terdapat 18 model rambut yang terpampang di salon. Namun sayangnya, pria dapat memilih 10 model. Model rambut dikabarkan sudah ditentukan oleh Pemerintah Korut bagi warganya. Demikian, seperti diberitakan Daily Mail, Jumat (22/2/2013).

Pada 2005 silam, televisi nasional Korut melancarkan kampanye dengan tema "Mari cukur rambut kita sesuai dengan gaya hidup Sosialis." Kampanye itu ditujukan untuk membendung pengaruh-pengaruh Barat di negeri komunis Korea itu. 

Kamera-kamera tersembunyi mulai disebar di salon-salon untuk memantau warganya yang tidak membangkang karena menolak mencukur rambutnya sesuai dengan rambut yang sudah ditentukan pemerintah. 

Kampanye potong rambut itu turut membahas alasan, mengapa warga Korut tidak boleh memanjangkan rambutnya. Menurut Pemerintah Korut, rambut panjang akan menyerap energi otak dan membuat malas.

Para perempuan Korut umumnya mengenakan gaun tradisional dan memiliki gaya rambut kuno seperti tahun 1980an. Rambut perempuan Korut juga tidak terlalu panjang dan lebih bermodel "bob."


Sementara itu, pria Korut diharuskan mencukur rambutnya lebih pendek dari 5 centimeter di bagian belakang dan samping. Selama 15 hari, mereka pun diharuskan mencukur rambutnya. 

Seperti diketahui, model rambut Pemimpin Korut Kim Jong Un dikabarkan menjadi model rambut populer di negaranya. Banyak warga yang menyebut gaya rambut Jong Un dengan istilah "gaya muda dan berambisi."

Kim Jong un
Sumber: okezone.com