Roy Suryo: Saya Diberi Tugas Oleh SBY Sebagai Menpora - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Roy Suryo: Saya Diberi Tugas Oleh SBY Sebagai Menpora


Politisi Demokrat Roy Suryo sepertinya benar-benar jadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Beberapa jam sebelum pengumuman resmi dari Presiden SBY, Roy dipanggil ke istana.

Pantauan detikcom di kompleks istana kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/1/2013), Roy datang sekitar pukul 09.00 WIB. Berselang satu jam kemudian, pemerhati IT itu pun keluar.

"Memang pada jam 9.00 pagi tadi, tanggal 11 Januari dipanggil SBY, didampingi wapres dan setneg dan seskab. Berada di ruangan beliau," kata Roy yang tampil berbatik cokelat.

Menurut pria berkumis itu, pertemuan dengan SBY semacam fit and proper test. Sejak sepekan lalu, Roy juga sudah dikontak pihak istana.

"Tetapi saya tidak tahu apakah amanah itu sampai ke saya," terangnya.

Belum diketahui kapan rencana pengumuman resmi oleh presiden soal menpora pengganti Andi Mallarangeng ini. Seskab Dipo Alam menyebutkan sebelumnya akan disampaikan setelah salat Jumat. Namun belum ada keterangan resmi.


Roy Suryo: Saya Diberi Tugas Oleh SBY Sebagai Menpora

Roy Suryo memastikan diberi tugas oleh Presiden SBY sebagai Menpora pengganti Andi Mallarangeng. Tugas itu adalah amanah yang berat baginya.
"Intinya saya dipanggi presiden untuk isi posisi yang semenjak 8 Desember ditinggalkan oleh Menpora Andi Mallarangeng," kata Roy di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/1/2013).
Roy sadar, tugas sebagai Menpora bukanlah kompetensinya. Namun dia berjanji akan melaksanakan amanah sebaik-baiknya.

"Saya tadi diberikan tugas untuk menjalani tugas Menpora. Saya sampaikan kepada beliau ini tugas berat ini bukan kompetensi sebenernya. Izinkanlah saya ajak rekan-rekan masyarakat untuk benahi semua ini," tegasnya.

Roy Suryo Ditunjuk Jadi Menpora Karena Idealis

Politisi Partai Demokrat Roy Suryo ditunjuk Presiden SBY untuk mengisi posisi Menpora yang ditinggalkan Andi Mallarangeng. Anggota Komisi I DPR Muhammad Najib mengapresiasi pilihan SBY kepada Roy Suryo. Menurutnya, Roy adalah sosok idealis. 

"Ia bahkan berani bukan saja berbeda pendapat tetapi juga melawan arus demi mempertahankan keyakinannya dan idealismenya. Saya fikir faktor terakhir inilah yang menyebabkan Presiden memilihnya di saat kredibilitas banyak figur politik tertimpa musibah akibat pragmatisme dan skandal," ujar Najib dalam keterangannya, Jumat (11/1/2013). 

Najib mengatakan sebagai seorang sahabat dekat di Komisi I DPR tentu ikut bergembira seraya mendoakannya semoga Roy sukses mengemban amanah negara. 

"Saya yang mengenal dari dekat tokoh muda yang dikenal dengan ahli IT ini walau tidak memiliki latar belakang pendidikan formal Teknologi Informatika, tapi kemampuannya di bidang ini tidak diragukan. Berbagai pihak termasuk kepolisian telah lama menjadi parner kerjanya," tuturnya.

Selain mengerti IT, menurut politisi PAN ini, Roy sebenarnya ahli bidang otomotif. "Yang tidak banyak dikenal orang sebenarnya ia politisi ulung, mampu menyampaikan berbagai ide dan gagasan secara jernih dan lugas," ucapnya. 

Roy Suryo saat rapat paripurna membahas BBM
Sebelumnya, anggota Dewan Pembina PD Ahmad Mubarok menuturkan Presiden SBY telah menunjuk Roy Suryo menjadi Menpora. Roy sendiri membenarkan dia telah dikontak Istana terkait posisi Menpora baru. Sedang Mensesneg Sudi Silalahi menegaskan, pengumuman Menpora baru akan dilakukan pada Jumat besok.

"(Soal ditelepon) Saya harus jawab iya, tapi bukan dari Pak SBY-nya langsung. Bisa saja saya hanya salah satu yang dihubungi. Saya nggak boleh ge-er, bisa saja saya hanya salah satu di antara yang lain. Tunggu saja pengumuman resmi," kata Roy Suryo kepada detikcom, Kamis (10/1/2013).

Rencananya, kepastian Roy Suryo menjadi Menpora akan diumumkan Presiden SBY hari ini.

Andi Mallarangeng mundur pada 8 Desember 2012 lalu karena menjadi tersangka kasus korupsi Hambalang. Hari ini, Andi diperiksa KPK sebagai saksi.

Sumber: detik.com