5 Kabar 'Terpanas' PlayStation 4 - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

5 Kabar 'Terpanas' PlayStation 4



Konsol game Playstation 4 kabarnya segera dirilis oleh produsennya, Sony. Penerus PlayStation 3 ini mungkin meluncur secara resmi sekitar pertengahan tahun ini.

Terlebih, Sony sudah mempensiunkan PlayStation 2 belum lama ini sehingga rumor kehadiran PS 4 semakin memanas saja. Dari wujudnya sampai seperti apa kecanggihan yang dihadirkannya.

Selain kontroler yang diprediksi bakal menggunakan layar LCD, rumor panas apa saja yang berdatangan jelang kehadiran PS 4? Berikut di antaranya:


1. Ditenagai Prosesor AMD

Sejak akhir tahun lalu, Sony diketahui sedang mempersiapkan Playstation 4. Hal ini diperkuat setelah pengembangnya baru saja menerima developer-kit Playstation 4 terbaru berkode VG247 dan berbentuk mirip casing komputer desktop.

Namun sepertinya, Sony masih belum mau menggunakan nama Playstation 4 dalam konsol eksperimentalnya tersebut. Mereka masih memperkenalkannya dengan sebutan Orbis kepada para pengembang.

Dilaporkan, Orbis akan menggunakan prosesor A10 milik AMD yang memiliki teknologi dimana CPU dan GPU dapat bekerja secara bersamaan dan didukung oleh RAM berkapasitas 8GB ataupun 16GB.

Untuk urusan storage sepertinya akan berkapasitas 256 GB, mesih belum jelas apakah SSD atau hardisk biasa yang akan digunakan. Selain itu, sebuah Blu-ray drive dan koneksi WiFi juga tidak ketinggalan disematkan.

Tampilan tatap mukanya diklaim lebih baik. Karena pengguna dapat mengakses DLC dari PS-Store secara on-the-fly bahkan saat bermain game hanya dengan menekan tombol pada gamepad yang digunakan.

2. Satu Game untuk Satu Konsol

Sony dikabarkan mendaftarkan paten yang memungkinkan game PS 4 hanya dapat dimainkan pada sebuah konsol saja. Jadi, pemilik Playstation 4 tidak dimungkinkan lagi menjual game bekas miliknya ke pemilik yang lain.

Hal tersebut terjadi akibat penggunaan teknologi pada kepingan disk game PS 4 nantinya yang disebut RFID ID. Teknologi RFID ID pada kepingan disk game Playstation 4 mampu mengingat konsol yang pertama kali memainkannya sebagai konsol yang memiliki hak untuk memainkannya.

Saat kepingan cakram tersebut dijalankan di konsol Playstation 4 lainnya, dengan sendirinya kepingan disk game berteknologi RFID ID tersebut akan menolak untuk menjalankannya.

Namun, meski paten tersebut telah secara resmi terdaftar pada U.S. Patent and Trademark Office, melalui pernyataan terakhirnya, Jack Tretton selaku Head Sony Computer Entertainment America kabarnya justru menentang kemungkinan tersebut.

Hal sejenis sebenarnya pernah hampir diberlakukan saat rumor Playstation 3 beredar beberapa tahun lalu. Namun untungnya, hingga hari peluncurannya hal tersebut tidak terbukti.

3. Diluncurkan Resmi Bulan Mei

Sony nampaknya akan mengumumkan PlayStation 4 dalam waktu dekat. Indikasi ini diungkapkan oleh salah satu pejabat eksekutif tersebut dalam wawancaranya dengan media asal Chile.

Dalam wawancaranya, Hiroshi Sakamoto selaku Deputy Senior General Manager of Home Entertainment Sony memang tak membeberkan secara terperinci akan kehadiran konsol game terbarunya tersebut.

"Itu masih menjadi rahasia besar, tapi teman-teman kita sedang mempersiapkan Sony PlayStation. Saya hanya bisa mengatakan bahwa kami fokus pada acara game E3, yang dijadwalkan untuk Juni. Mungkin kita mengumumkan saat itu atau bahkan lebih awal pada bulan Mei," tegas Sakamoto.

Saat dicecar media di sela-sela pameran Consumer Electronics Show (CES), apakah itu merupakan sebuah pengumuman besar atau hanya update dari versi sebelumnya, Sakamoto menjawab diplomatis.

"Mungkin kita berharap mengumumkan sesuatu yang besar, Jelasnya akan kita akan mengetahuinya setidaknya sampai Mei nanti," tandasnya.

4. Dibanderol di Bawah Rp 4 Juta

Sebuah lembaga riset memprediksi bahwa generasi terbaru PlayStation (PS) akan dijual tak lebih dari USD 400. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan biaya produksinya.

Prediksi lembaga bernama Baird Equity Research itu bukan tanpa alasan. Mereka melihat komponen yang digunakan di PS4 adalah komponen yang sudah ada di komputer, bukan jenis baru yang memang khusus didesain untuk kedua konsol tersebut.

Dengan demikian, Baird Equity Research memprediksi bahwa PS 4 akan dijual sekitar USD 350-400 atau tak lebih dari Rp 4 juta. Namun itu adalah versi basic, Sony disinyalir akan merilis varian lain yang lebih lengkap. Misalnya tambahan aksesoris konsol, kabel HDMI, bonus game, atau lainnya.

Generasi terbaru PS juga dipercaya masih menyertakan optical drive. Namun fungsinya akan dibantu dengan hardisk eksternal berkapasitas besar.

5. Lebih Powerful dari Xbox 720

Selain Sony, Microsoft dilaporkan juga sedang membuat konsol game generasi terbaru yang dinamakan Xbox 720. Rumornya, kekuatan komputasi PS 4 lebih baik dari rivalnya itu.

Kabar terbaru dari developer menyebutkan PlayStation 4 menghadirkan power sekitar 1,84TFLOPS. Sedangkan generasi baru Xbox kekuatannya 1,23TFLOPS.

Meski angka FLOPS tersebut tidak otomatis menghasilkan grafis yang lebih realistis atau kualitas game play lebih bagus, namun perbedaan keduaanya jika benar lumayan tinggi.

Sebagai contohnya, dalam sektor GPU di dunia PC, 50% perbedaan di TFLOPS biasanya berujung pada perbedaan kelas di prosesor grafis.


Sumber: detik.com