Sejuta Manfaat Bahasa Inggris - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Sejuta Manfaat Bahasa Inggris



Kenapa kita mempelajari bahasa Inggris? Semua bahasa tanpa terkecuali digunakan untuk komunikasi. Hakekat belajar bahasa, pada umumnya adalah belajar berkomunikasi. Kita sendiri tahu bahwa bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa internasional. 


Masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang geografi, agama dan budaya telah disatukan oleh suatu bahasa internasional yang disepakati untuk berkomunikasi satu sama lainnya, yaitu bahasa Inggris. Di era globalisasi seperti ini, kemampuan berbahasa (Inggris) wajib dimiliki untuk dapat berkompetisi. Jadi, kita belajar bahasa Inggris karena bahasa ini adalah bahasa internasional.

Tentunya, kita mempelajari suatu bahasa asing untuk tujuan tertentu. Orang mempelajari bahasa Inggris juga mempunyai tujuan tertentu, Mereka punya tujuan tertentu dalam mempelajari bahasa tersebut karena mereka tahu persis manfaat apa yang akan mereka peroleh dari bahasa Inggris. 

Ada banyak manfaat bahasa Inggris yang kita ketahui bahkan masih banyak yang belum diketahui. Konsep berfikir kita selama ini terlalu sempit dalam menyikapi arti belajar bahasa Inggris sebagai sebagai suatu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan nilai yang standar (lulus ujian). Hal inilah yang kemudian membuat kita merasa malas, ngantuk dan rasa lapar seringkali terasa pada jam pelajaran Bahasa Inggris dimulai.

Untuk memotivasi dan merangsang minat kita dalam mempelajari bahasa Inggris, tentunya para pembelajar Bahasa Inggris harus tahu manfaat apa yang akan mereka peroleh jika mereka mahir berbahasa Inggris. Berikut ini adalah mafaat bahasa Inggris yang harus diketahui untuk merangsang minat untuk belajar bahasa Inggris.

· Academic Purpose (Tujuan Akademis)
Tak bisa dipungkiri, kita wajib mempelajari bahasa Inggris mulai dari SD bahkan sampai Kuliah. Memang, mata pelajaran yang jadi momok itu mendapat perhatian khusus dalam kurikulum pendidikan. Nilai ujian akhir ditentukan oleh nilai bahasa Inggris. Bagi para mahasiswa, mereka diwajibkan untuk mempelajari buku modul dalam bahasa Inggris walupun mereka bukan mahasiswa jurusan bahasa/sastra Inggris.

· Pengembangan Karier
Dunia kerja akan tergiur oleh orang-orang yang pandai berbahasa Inggris.Kecakapan berbahasa Inggris tentunya akan memberikan nilai lebih bagi calon pelamar kerja, Mereka akan lebih dipandang dalam kompetisi dunia kerja. Jadi dengan Bahasa Inggris, pekerjaanlah yang mencari pelamar.

· Kesempatan Emas Belajar ke Luar Negeri
Banyak sekali lembaga yang memberikan beasiswa belajar ke luar negeri kepada para pelajar Indonesia. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah tes TOEFL. Tes ini mengukur seberapa kemempuan kita dalam berbahasa Inggris. Tentunya kita harus mahir bahasa Inggris agar bisa lulus tes ini.

· Memperluas Pergaulan
Diatas sudah disinggung bahwa kita telah memasuki era global, dunia yang universal, dunia menjadi satu bangsa dalam keanekaragaman budaya. Siapa yang tertarik untuk menjadi orang gaul tingkat jagat, kuasailah Bahasa Inggris.

· Menaklukkan Internet
Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. 

Sedangkan 20% bagian yang lainnya itu tidak semuanya didominasi oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain, seperti bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya. Jadi bayangkan hanya berapa persen dari seluruh informasi di internet yang tersaji dalam bahasa Indonesia.

Nah, itulah sedikit dari manfaat bahasa Inggris dalam kehiupan sehari-hari, kegiatan akademik, maupun karier. Semoga kita termotivasi untuk belajar bahasa Inggris lebih giat lagi untuk mencapai kesuksesan. Tentunya, materi pembelajaran yang tersaji dalam blog ini nantinya akan mempermudah kita dalam mempelajari bahasa Inggris.