Langkah Sang Penari Terhenti di Piala Oscar - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Langkah Sang Penari Terhenti di Piala Oscar


Mimpi sutradara Ifa Ifansyah untuk berjalan di karpet merah Academy Awards, kandas. Film garapannya, Sang Penari, gagal melaju ke babak selanjutnya. Panitia penyelenggara piala Oscar memilih 9 film lain dari luar Asia yang dianggap lebih layak masuk dalam shortlist nominasi untuk bersaing ke babak selanjutnya dalam kategori film berbahasa asing.

“Sang Penari tidak masuk ke shortlist dan  tahun ini tidak ada film asia yang masuk dalam shortlist,” ujar produser film itu, Shanty Harmayn pada hari Minggu (23/12).


Meski begitu, sejumlah kru dan pemain dalam film yang diangkat dari novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk itu mengaku bangga karena Sang Penari sempat masuk menjadi nominasi dari ratusan film. “Terimakasih atas dukungan semua,” ungkapnya.


9 film yang terpilih untuk bersaing ke 3 besar di ajang bergengsi bagi insan perfilman dunia adalah Amour (Austria), War Witch (Kanada), No (Chile), A Royal Affair (Denmark), The Intouchables (Prancis), The Deep (Islandia), Kon-Tiki (Norwegia), Beyond the Hills (Romania) dan Sister (Swiss).

Kesembilan film itu masih harus bersaing untuk masuk ke babak selanjutnya, sebelum menuju malam puncak memperebutkan piala Oscar yang akan diumumkan 24 Februari tahun depan.
Sejumlah film peraih film terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan yang digelar sejak 1929, masing-masing adalah Ben-Hur, Titanic dan The Lord of the Rings: The Return of the King, yang masing-masing memenangkan 11 piala.