Tips Memilih Kacamata - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Tips Memilih Kacamata


Bentuk dan tren kacamata kini terus berkembang dan semakin beragam. Kejelian diperlukan dalam memilih kacamata sehingga terasa nyaman dan pas dengan bentuk wajah. Supaya tidak ada penyesalan, berikut adalah beberapa panduan dalam memilih kacamata sebagaimana dilansir dari laman rscm.co.id :



Wajah Bundar
Orang dengan bentuk wajah bundar, sebaiknya memilih frame berbentuk persegi atau kotak dengan lensa yang sedikit lebih lebar supaya wajah terlihat panjang dan berdimensi. Frame berbentuk bulat atau oval hanya akan membuat wajah Anda nampak lebih bundar.

Wajah Persegi
Untuk orang dengan rahang kokoh, pilihlah kacamata dengan sudut melengkung (oval atau bulat) untuk menyamarkan bentuk rahang. Hindari kacamata berbingkai persegi.


Wajah Hati
Bingkai yang ramping akan sangat cocok bagi pemilik wajah dengan dahi lebar dan dagu runcing. Bahkan kacamata tanpa bingkai (frameless glasses) juga bisa menjadi pilihan yang baik. Selain itu, pilihlah frame dan lensa yang melebar ke bawah agar tulang pipi dapat tersamarkan.

Wajah Segitiga
Wajah segitiga memiliki bagian dahi yang sempit namun melebar pada daerah rahang dan pipi. Kenakan kacamata dengan pinggiran yang tebal serta melebar ke atas (cat eye). Pastikan bentuk kacamata Anda dapat menyeimbangkan sisi atas wajah dengan bawah.

Wajah Lonjong/Panjang
Pemilik wajah lonjong biasanya mempunyai garis pipi yang lurus dan lebih panjang dari lebar wajah. Pilihlah frame tebal berbentuk kotak yang melebar kesamping untuk menguatkan karakter pada wajah dan membuat kesan wajah terlihat lebih pendek.

Wajah Oval
Wajah dengan bentuk bulat telur adalah bentuk wajah yang sempurna. Berbahagialah Anda yang memiliki bentuk wajah ini karena cocok menggunakan model kacamata apapun. Pilihlah model frame yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar besarnya tetap proporsional di wajah Anda.

Selain itu, memilih warna frame juga mesti memperhatikan warna kulit. Bagi Anda yang memiliki warna kulit putih atau kuning, semua warna bingkai kacamata bisa Anda gunakan. 

Warna kulit coklat atau sawo matang akan sangat cocok, jika memilih frame warna krem atau coklat. Sementara orang dengan warna kulit gelap, pilihlah bingkai dengan warna-warna yang menyejukkan seperti biru atau merah maroon. Untuk warna casual, Anda dapat memilih warna metalik.

Sumber: tempo.co