Pipis Tak Pernah Bisa Lurus? Awas, Salurannya Mungkin Rusak - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Pipis Tak Pernah Bisa Lurus? Awas, Salurannya Mungkin Rusak


Laki-laki yang perilakunya kekanak-kanakan sering diledek 'pipis saja belum lurus'. Nyatanya bukan cuma anak kecil saja, laki-laki dewasa banyak yang mengalami pipis tidak lurus karena ada gangguan di saluran kemih. Gangguan apa sih?

Pada anak kecil, khususnya yang belum disunat, pipis tidak lurus sering dipicu oleh adanya kulup. Biasanya saat bangun tidur, kulup tersebut agak dempet dan aliran kencing jadi terhambat sehingga tidak bisa lurus atau kadang malah bercabang.

Kondisi ini masih mungkin terjadi saat dewasa meski penyebabnya bukan lagi karena kulup yang dempet. Biasanya, pipis yang tidak lurus atau bercabang pada orang dewasa lebih banyak disebabkan oleh gangguan pada saluran kencing yang disebut urethral stricture.

Urethral stricture atau penyempitan saluran kencing bisa terjadi karena berbagai macam sebab. Infeksi di saluran kemih misalnya, bisa memicu radang serta luka yang bisa membuat saluran tersebut menyempit. Demikian juga dengan trauma, bekas operasi maupun adanya tumor.

Selengkapnya, berikut ini beberapa penyebab saluran kemih menyempit seperti dikutip dari Medicinenet, Senin (22/10/2012).
- Trauma benturan pangkal paha dengan rangka sepeda
- Cedera panggul
- Operasi saluran kemih dan pemasangan kateter
- Pembesaran prostat
- Kanker saluran kemih (jarang)
- Infeksi urethritis, gonorrhea dan chlamydia
- Radang prostat (prostatitits)
- Kelainan bawaan pada uretra (jarang).

Sebuah penelitian menunjukkan, sebagian besar kasus penyempitan saluran kemih disebabkan oleh prosedur atau tindakan medis di sekitar saluran tersebut. Hanya 1 dari 3 kasus yang tidak diketahui pasti apa sebabnya.

Umumnya, gangguan ini lebih banyak dialami oleh laki-laki baik anak-anak maupun dewasa. Bahkan dikatakan gangguan ini sangat jarang ditemukan pada perempuan.

Tidak butuh penanganan khusus selama penyebabnya bukan hal yang serius, misalnya cukup antibiotik kalau penyebabnya adalah radang karena infeksi. Namun jika penyebabnya sangat serius, kadang perlu dilakukan operasi agar pipisnya bisa lurus lagi.

Operasi dibutuhkan kalau pipisnya tidak bisa lurus karena hal-hal sebagai berikut:
- Masalah serius berkaitan dengan retensi urine atau susah kencing
- Ada batu ginjal di kandung kemih
- Infeksi saluran kemih yang berulang
- Meningkatnya volume post-void residual (air kencing yang tertinggal usai pipis)
- Gejalanya tidak hilang-hilang.

Sumber: detik.com