Lima Momen Paling Absurd Dalam Kampanye Pemilihan Presiden AS - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Lima Momen Paling Absurd Dalam Kampanye Pemilihan Presiden AS


Sengitnya persaingan politik antara dua kandidat presiden Amerika Serikat tak urung menghasilkan banyak momen-momen absurd yang bisa membuat penontonnya, baik warga Amerika Serikat maupun audiens internasional, geleng-geleng kepala.

Presiden AS Barack Obama ingin melanjutkan ke masa jabatan yang kedua, sementara pesaingnya dari Partai Republik Mitt Romney, menilai Obama telah gagal dalam membereskan masalah ekonomi dan menjanjikan perbaikan ekonomi yang lebih signifikan jika dia terpilih. Obama, meski populer, tak terjamin akan terpilih. Semua bisa berubah di saat-saat terakhir.

Saking berlebihannya peliputan media terhadap proses yang berlangsung setiap empat tahun sekali ini, seorang gadis kecil bernama Abigael Evans, 4, asal Colorado menangis karena bosan mendengar atau menonton berita tentang "Bronco Bama dan Mitt Romney".  


Isak tangis balita yang lelang dengan pemilu yang membuatnya terkenal di internet

Lalu, apa lima momen paling absurd dalam kampanye pemilihan presiden AS?

1. 47%
Wartawan David Corn dari majalah MotherJones mendapatkan video eksklusif dari sebuah acara tertutup yang dihadiri oleh kandidat Presiden AS dari Partai Republik Mitt Romney dengan para donornya. Mereka yang datang ke acara itu harus membayar $50 ribu untuk satu kursi (Rp407 juta).

Di dalam video itu, terlihat bahwa Romney berbicara blak-blakan tentang para pendukung Barack Obama, sekitar 47% yang ia bilang "sangat tergantung pada pemerintah, percaya dirinya adalah korban, dan bahwa pemerintah harus mengurus mereka, percaya bahwa mereka berhak mendapat layanan kesehatan, makanan, perumahan, dan apa pun." Belum selesai sampai di situ, Romney mengatakan bahwa orang-orang ini, 47% orang-orang ini tak membayar pajak pemasukan.


Romney memenuhi syarat, tapi dilemahkan dengan video pernyataannya

Kata-kata ini menguatkan citra Romney sebagai kandidat yang tak peduli pada nasib orang miskin atau kelas menengah di Amerika Serikat, apalagi melihat latar belakang Romney yang terlahir dan tumbuh besar di keluarga kaya.

Video itu saja sudah cukup membuat kubu Romney panik saat ketahuan. Lebih memalukan lagi ketika majalah MotherJones mencari tahu siapa saja 47% kelompok masyarakat yang dituding tak membayar pajak dan membebani negara tersebut. Ternyata, orang-orang super kaya dan orang kaya Amerika Serikat termasuk di dalamnya. Selain itu ada pelajar, pensiunan, serta orang-orang yang bekerja namun berpenghasilan rendah sehingga mendapat keringanan pajak pemasukan.

2. Clint Eastwood dan kursi kosong
Puncak Konvensi Partai Republik AS menghadirkan aktor sekaligus sutradara pendukung partai tersebut, Clint Eastwood, untuk memberi pidato sekaligus secara resmi menominasikan Mitt Romney sebagai calon presiden mereka. 

Namun Eastwood menggunakan cara yang membuat orang terheran-heran. Dia meminta sebuah kursi kosong dibawa ke panggung, lalu berpura-pura seolah Presiden Obama duduk di kursi tersebut. Kemudian Eastwood pun 'mencecar' kursi kosong tersebut dengan berbagai pertanyaan tentang ekonomi dan janji-janji politiknya. Tentu saja kursi kosong itu tak bisa menjawab.

Gedung Putih mengirim kicauan ke Eastwood via twitter "kursi ini sudah diambil"


3. Kegagapan Barack Obama saat debat

Dua kandidat presiden Amerika Serikat mendapat tiga kali kesempatan untuk melakukan debat. Dengan reputasinya sebagai orator dan juru bicara luar biasa, pendukungnya berharap Obama bisa melalui debat ini lumayan mudah, bahkan mungkin langsung melumat Mitt Romney dengan kharismanya. 

Ternyata tidak. Mitt Romney tampak lebih mendominasi dan percaya diri, sementara Obama tampak tak yakin dan 'kalah'. Bahkan Obama tak mengambil kesempatan untuk menyindir Romney soal komentar 47%-nya. Sesudah debat itu, dalam sebuah acara pengumpulan dana, Obama pun tampak percaya diri lagi, menertawai diri sendiri dan penampilannya yang mengecewakan saat debat.

Pemilih memberikan Romney debat pertama

Obama memang kemudian memenangkan dua debat berikutnya, namun penampilan debatnya tak pelak membuat Romney jadi pesaing berarti, dan membuat orang-orang tak henti bertanya, apa yang terjadi?

4. Pemerkosaan
Kesehatan reproduksi perempuan menjadi salah satu isu sentral dalam pemilu Amerika Serikat kali ini. Selain karena berbedanya posisi dua kandidat tersebut dalam isu-isu seperti akses kesehatan reproduksi, juga karena muncul komentar-komentar aneh soal pemerkosaan dari politisi AS yang sedang mengampanyekan diri untuk masuk Kongres dan Senat AS.

Kandidat senator AS buat Partai Republik dari Indiana, Richard Mourdock mengomentari soal bayi-bayi yang lahir dari pemerkosaan. Kata dia, "Bahkan saat kehidupan si bayi berawal dari situasi yang mengerikan seperti itu, itulah yang diinginkan oleh Tuhan."


Kandidat Senat AS dari Partai Republik Indiana , Richard Mourdock
Indiana Republican U.S. Senate candidate Richard Mourdock, speaks with volunteers at the Republican "Victory Center" …

Sementara kandidat senator AS, lagi-lagi dari Partai Republik, Todd Akin bilang, "jika pemerkosaan ini benar-benar perkosaan, maka tubuh perempuan punya cara untuk menghentikan peristiwa itu."

Kedua komentar ini diduga akan mempengaruhi kans Partai Republik untuk menguasai Senat. Selain itu, Mitt Romney juga membuat iklan kampanye untuk mendukung Richard Mourdock, yang mungkin akan berpengaruh pada peluang Romney.

5. Foto intim Wakil Presiden Joe Biden dan perempuan pengendara moge
Saat sedang mengunjungi para pelanggan di restoran Cruisers Diner di Ohio, Wakil Presiden Joe Biden bertemu dengan rombongan pengendara moge, lengkap dengan rompi kulit dan bandana. Termasuk seorang perempuan pengandara. 

Biden pun mengundangnya untuk datang, namun tak ada kursi yang bisa diduduki si perempuan ini. Wapres pun menarik kursi ke depan tempat ia duduk dan si perempuan nyaris duduk di pangkuan Biden. Mereka pun sempat berbincang di depan para fotografer yang mengambil foto ini.





Sumber: yahoo.com