Berani Pipis Sembarangan di Inggris, Siap-siap Dipermalukan Keliling Kota! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Berani Pipis Sembarangan di Inggris, Siap-siap Dipermalukan Keliling Kota!


Perang melawan kebiasaan pipis atau buang air kecil sembarangan makin marak dilakukan di berbagai negara. Setelah India mempermalukan para pelaku dengan genderang dan peluit, kini giliran Inggris yang melakukannya lewat rekaman CCTV.

Gagasan untuk merekam pelaku pipis sembarangan dengan CCTV (closed-circuit television) ditrapkan di Kota Chester, sebuah kawasan bersejarah di Cheshire, Inggris. Selain demi kesehatan dan kebersihan lingkungan, langkah ini dilakukan untuk melindungi tempat-tempat bersejarah dari kesan kumuh.

Setiap hari, tak kurang dari 30 orang tertangkap kamera CCTV sedang pipis sembarangan di jalan-jalan Kota Chester yang tiap tahunnya dikunjungi 8 juta wisatawan. Latar belakang para pelaku cukup beragam, mulai dari guru hingga pengacara sementara yang paling banyak adalah pelajar, tentara dan pengangguran.

Tahun lalu, 108 pelaku pipis sembarangan di Kota Chester yang tertangkap kamera sepakat membayar 75 poundsterling atau sekitar Rp 1,2 juta kepada petugas sebagai sanksi atas perbuatannya. Meski dendanya mahal, langkah ini dianggap lebih praktis daripada harus mengikuti sidang.

Setelah membayar denda, para pelanggar ini tidak langsung dilepas begitu saja. Ada semacam kursus yang harus dijalani, intinya tentang dampak dari pipis sembarangan terhadap pariwisata dan tentunya kesehatan lingkungan secara umum. Sesudah itu, masih ada sanksi lain yakni 'Walk of Shame' yakni diajak jalan-jalan keliling kota untuk bersama-sama melihat dampaknya secara langsung sekaligus agar malu dan jera.

"Kami ingin mengajak para pelaku untuk bertanggung jawab atas perbuatannya," kata Kepala Polisi Cheshire, Inspektur Julie Westgate seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (25/11/2012).


Larangan Buang Air Kecil Sembarangan di New Dehli, India. Seram ya..
Sebelumnya, berbagai media internasional juga memberitakan langkah pemerintah Rajasthan, India dalam mempermalukan para pelaku pipis sembarangan. Bukan dengan CCTV dan diajak jalan-jalan keliling kota, melainkan langsung dengan menyewa sejumlah relawan untuk menabuh genderang dan meniup peluit seheboh mungkin begitu memergoki ada yang pipis sembarangan.

Langkah yang diambil pemerintah India, khususnya Rajasthan cukup ekstrem karena jumlah pelakunya cukup banyak dan dianggap sudah memalukan. Bagaimana tidak, menurut seorang pejabat setempat, 60 persen dari pelaku pipis sembarangan di seluruh dunia terdapat di India.

Sumber: detik.com