Perawatan yang Tepat untuk Gigi Sensitif - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Perawatan yang Tepat untuk Gigi Sensitif


Derita ngilu dan cekot-cekot ketika gigi sensitif kumat bisa dihindari dengan perawatan yang benar. Seringnya keluhan tersebut muncul umumnya karena banyak orang keliru memperlakukan gigi sensitif sama seperti gigi yang masih sehat.



Gigi menjadi sensitif ketika lapisan terluarnya yakni enamel mengalami penipisan. Akibatnya, lapisan dentin yang berhubungan langsung dengan serabut saraf akan bersinggungan dengan rangsang tajam dari makanan atau minuman yang rasa atau suhunya ekstrem.

Karena kondisinya tidak sama dengan gigi yang sehat, perlakuan dan perawatannya juga harus dibedakan. Misalnya kalau pada gigi sehat bisa lebih leluasa memilih tekstur sikat gigi yang disukai, pada gigi sensitif haris dipilih yang benar-benar lembut.

"Menyikat gigi dilakukan 2 kali sehari, dengan tekanan yang ringan, dengan gerakan memutar ke arah atas-bawah dan dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut," kata GSK Dental Detailing Manager, drg Rahma Landy.

Selengkapnya, perawatan untuk gigi sensitif seperti disampaikan drg Rahma Landy adalah sebagai berikut:

1. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif 2 kali sehari secara teratur
2. Menyikat gigi dengan tekanan yang ringan, menggunakan bulu sikat yang lembut
3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam secara berlebihan.

Terkait pemilihan pasta gigi, drg Rahma Landy mengingaktkan bahwa kebutuhan gigi sensitif berbeda. Kandungan dalam pasta gigi harus bisa mengurangi sensitivitas serabut saraf yang ada di lapisan dentin, misalnya seperti yang terkandung dalam Sensodyne.

Sensodyne memberikan perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi sensitif sekaligus membersihkan plak pada gigi serta memberikan perlindungan dari gigi berlubang. Sikat gigi menggunakan Sensodyne dua kali sehari setiap hari secara teratur memberikan perlindungan dan perawatan menyeluruh dan lebih lama pada gigi sensitif.

Asal dirawat dengan benar, kekambuhan nyeri karena gigi sensitif bisa dihindari tanpa perlu minum obat. Menikmati kesegaran es krim vanila, menyeruput kopi hangat sembari membaca koran di pagi hari maupun menggigit cup cake lezat tidak perlu lagi terganggu oleh gigi cekot-cekot.

Sumber: detik.com