Kena Penyakit 'Buta Wajah', Kakak Beradik Tak Bisa Kenali Wajah Suami - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Kena Penyakit 'Buta Wajah', Kakak Beradik Tak Bisa Kenali Wajah Suami


Donna Jones dan Victoria Wardley menderita penyakit aneh yang membuatnya tak bisa membedakan wajah suami masing-masing, wajah anak, bahkan wajahnya sendiri. Kondisi ini membuatnya harus menghabiskan waktu berjam-jam mencari keluarga ketika terpisah di jalan.



Untuk dapat mengenali seseorang, hal pertama yang dilihat adalah wajah. Tapi hal itu tidak berlaku bagi kakak beradik Donna Jones dan Victoria Wardley. Kedua wanita ini menderita prosopagnosia, suatu kondisi yang berarti mereka tak mampu mengenali wajah, termasuk wajah suami dan anak masing-masing.

Kondisi yang dialami Donna dan Victoria begitu parah, sampai-sampai kakak beradik ini tak bisa mengidentifikasikan wajahnya satu sama lain atau bahkan refleksi bayangan sendiri di cermin.

"Ketika saya melihat wajah seseorang, itu seperti terowongan. Saya bisa melihat mata atau hidung, tetapi ketika saya mencoba dan melihat wajah secara keseluruhan, itu tidak bekerja. Ini seperti sebuah kanvas kosong di kepala," ujar Victoria Wardley (32 tahun), yang berasal dari Yorkshire, Inggris, seperti dilansir Dailymail, Rabu (24/10/2012).

Karena 'buta wajah', ketika bertemu seorang kenalan di jalan, Victoria harus berkenalan lagi karena sama sekali tak bisa mengenali wajahnya. Ia bahkan tidak yakin dengan wajahnya sendiri. Ia jarang sekali berfoto karena ia pun tak bisa mengenali wajah yang ada di foto.

Victoria mulai didiagnosis penyakit aneh ini beberapa tahun lalu. Ia mulai menyadari ada yang salah dengannya ketika tidak bisa lagi mengenali wajah orang, bahkan yang sudah bertahun-tahun dikenal. Saudarinya, Donna juga menyadari ia menderita penyakit serupa.

"Ketika Victoria mengatakan kepada saya apa yang dokter katakan padanya, hal-hal mulai menjadi jelas. Selama ini saya selalu berpikir saya hanya tidak bisa memberikan perhatian yang cukup kepada orang-orang. Tetapi dengan cara ini, saya lega mengetahui bahwa ada sesuatu yang salah," ujar Donna Jones (30 tahun).

Prosopagnosia atau kebutaan wajah merupakan kondisi kognitif yang ditandai dengan penurunan selektif dalam pengenalan wajah. Dalam kondisi yang sangat jarang, sebagian orang mengalami kondisi ini karena trauma neurologis. Tapi belakangan perkembangan prosopagnosia semakin banyak.

Penderita prosopagnosia tidak pernah mengalami kerusakan saraf dan tampaknya hanya gagal mengembangkan mekanisme visual yang diperlukan untuk pengolahan wajah.

Kadang-kadang kondisi ini menurun dalam keluarga. Data perkiraan terbaru, ada sebanyak 2 persen dari populasi yang mengalami tingkat kebutaan wajah, namun kesadaran masyarakat terhadap kondisi ini masih rendah, sehingga sering tidak terdeteksi.

Sumber: detik.com