Jangan Lakukan Ini Saat Memberi Makan Anak! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Jangan Lakukan Ini Saat Memberi Makan Anak!

Menghadapi anak yang sulit makan memang tak mudah. Terkadang orang tuapun dibuat bingung dan takut asupan nutrisinya tak terpenuhi. Akhirnya memberi makan dengan cara dipaksa dan hanya diberi makanan instan menjadi solusinya.

Karena sering menolak makanan yang diberikan, orang tua berusaha melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Ada beberapa hal yang ternyata tak dibenarkan dalam memberi makan anak. Karena dampaknya kurang baik untuk anak. Seperti beberapa hal berikut ini:

1. Memaksa anak untuk makan
Memaksa anak untuk membuka mulutnya sering dilakukan para orang tua. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Efeknya, Anda dan si kecil malah akan merasa marah, bingung bahkan frustasi. Anak makin sulit makan karena dirasakan makan dirasakan sebagai aktivitas yang menyiksa.

Berusahalah untuk bersabar, membangun suasana yang menyenangkan dan bujuk dengan cara baik saat memberi makan

2. Membeli makanan praktis yang tak sehat
Nyatanya, banyak anak lebih tertarik untuk makan makanan cepat saji ataupun frozen food yang siap olah. Karenanya, banyak orang tua yang terjebak untuk memberikan makanan ini agar anak mau makan.

Siasati dengan mengolah sendiri makanan kesukaan si kecil. Jika ia suka makan burger ataupun chicken nugget, olah sendiri makanan ini dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

3. Memaksa anak untuk menghabiskan makanan
Kesalahan lain yang seringkali dilakukan orang tua adalah memberikan makanan selingan terlalu dekat dengan waktu makan. Akibatnya saat waktu makan tiba, ia masih merasa sedikit kenyang dan tidak mau menghabiskan makanannya.

Sajikan makanan selingan sekitar 2 jam sebelum waktu makan. Dibanding mengharuskan anak untuk menghabiskan makanannya, dorong si kecil untuk makan hingga perutnya kenyang dan tidak harus habis.

4. Kurang telaten
Jangan cepat putus asa jika anak menolak makanan yang diberikan. Bukan berarti ia tak akan mau jika disajikan makanan yang sama. Teruslah telaten memberikan makanan pada anak. Faktor kebiasaan akan membuatnya lama-kelamaan menerima makanan yang disodorkannya. Jangan lupa untuk membangun suasana yang menyenangkan ketika makan.

sumber : detik.com