Jepang Luncurkan Kereta Bergambar Manga - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Jepang Luncurkan Kereta Bergambar Manga

Operator kereta api Jepang meluncurkan kereta berhias anime dan manga untuk meningkatkan jumlah penumpang di jalur lokal.

Gambar dari karakter populer anime dan manga menghiasi bagian luar kereta sehingga terlihat mencolok. Pengumuman yang biasa terdengar di kereta digantikan oleh suara dari para pengisi suara anime, sehingga transportasi itu berubah menjadi atraksi pariwisata.

Strategi itu sudah mulai terlihat hasilnya di beberapa jalur. Izuku Corp. yang mengoperasikan jalur Izu Kyuko di Prefektur Shizuoka memperkenalkan kereta yang didekorasi dari karakter animasi "Natsuiro Kiseki" (Musim panas diwarnai keajaiban) yang mengambil setting di Shimoda.


Selain itu, sekelompok empat murid SMP dan SMA beserta pengisi suara karakter utama anime tersebut menyumbangkan suara untuk memberi pengumuman tiap kali kereta akan berhenti di stasiun selanjutnya. Aksi itu berlaku dua kali sehari sepanjang jalur stasiun Atami-Izukyu-Shimoda.

Serial anime yang mulai ditayangkan pada April itu banyak mengundang penonton walaupun jam tayangnya larut malam. Kereta bertema animasi itu disambut baik oleh para warga sehingga jumlah penumpangnya pun terbtambah.

"(Desain anime) telah menarik perhatian para penggemar anime, jelas-jelas telah memberi efek," kata juru bicara Izukyu, Kazuo Kawamura (44).

Pada Sabtu awal Agustus, dua lelaki di stasiun Izukyu-Shimoda berfoto bersama karakter anime seukuran manusia yang dipasang di sebelah gerbang tiket. Selain mereka, sudah ada lebih dari 2.000 pengunjung yang berfoto bersama karakter tersebut, kata dia.

Demi menarik banyak penumpang, mereka pun harus membayar hak cipta karena menampilkan karakter manga dan anime tersebut di badan kereta.

"Yang harus dilakukan hanya menempelkan stiker ke badan kereta. Itu mudah dan murah dan kereta pun bisa langsung dioperasikan," kata pakar kereta api Ryozo Kawashima (61).

Perusahaan kereta api lain pun mulai latah membuat kereta bertema anime serta manga yang dibuat seniman lokal atau yang berbasis di daerah itu.

Di Prefektur Tottori, perusahaan West Japan Railway menoperasikan enam kereta bertema anime dan manga, termasuk "Gegege no Kitaro" dan "Detective Conan."

Kereta spesial Kitaro menjadi populer setelah menghadirkan karakter dari serial horor manga tersebut. Kereta itu melaju di jalur Sakai yang melewati kampung halaman sang pengarang komik, Shigeru Mizuki. Kereta tersebut juga memakai suara karakter Kitaro dan Neko Musume (putri kucing) dalam pengumuman di kereta mulai 4 Agustus. Kereta lain dijadwalkan beroperasi mulai September.

Sementara itu, perusahaan Hokkaido Railway mengoperasikan kereta bertema "Lupin the Third" di jalur Hanasaki, antara stasiun Kushiro dan Nemuro karena pengarang komik tersebut berasal dari Hokkaido.

"Ini memang dimaksudkan untuk mempromosikan area lokal dengan anime yang punya hubungan dengan komunitas di sana," kata perusahaan itu.

Jumlah penumpang kereta mulai menurun karena populasi juga berkurang, dan rata-rata penumpang Izukyu per hari berkurang 1.000 dari 10 tahun lalu yang mencapai hingga 4.289.

Berubahnya pilihan aktivitas masyarakat juga mempengaruhi jumlah penumpang kereta. Bertambahnya area pariwisata sekitar Tokyo membuat membuat penumpang yang mengarah ke Izukyu pun berkurang.

"Ini hanyalah salah satu cara meningkatkan motivasi agar para turis mau berkunjung ke area kami," kata perwakilan Izukyu seperti dikutip dari laman Asahi Shimbun.

sumber : kompas.com