Hari Ini Google Ulang Tahun Ke-14 - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Hari Ini Google Ulang Tahun Ke-14

Setelah merayakan unduhan ke 25 miliar dari Google Play, ada satu lagi yang bisa dirayakan oleh Google. Yup, pada hari ini Google berulang tahun yang ke-14, ditandai dengan munculnya Doodle di halaman awal pencarian Google.

Menurut Wikipedia, Google merupakan sebuah perusahaan multinasional dari Amerika Serikat yang didirikan oleh Larry Page dan Sergei Brin 14 tahun lalu saat keduanya mengambil studi pascasarjana di Universitas Stanford. Motto tak resmi Google adalah 'Don't Be Evil'.

Selain produk mesin pencari internet yang menguasai sekitar 68% pangsa pasar, Google juga merupakan pembuat sistem operasi Android. Sistem operasi mobile yang diotaki oleh Andy Rubin ini sekarang menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di smartphone, dengan catatan aktivasi mencapai 1,3 juta kali setiap harinya.

Meski menuai berbagai kesuksesan, Google juga mengalami jatuh bangun. Berbagai produk dan layanannya juga ada yang gagal diterima pasar semisal Google Wave atau Google Knol. Pukulan telak terakhir mungkin adalah perseteruannya dengan Apple, dimana layanan Google Maps tidak lagi digunakan di perangkat iOS 6, sementara aplikasi Youtube juga dihapus dari App Store.

Akankah Google di masa mendatang akan makin berkembang atau surut, semuanya tergantung pada bagaimana Google menempatkan diri dalam persaingan dunia teknologi informasi yang makin ketat.

Selamat ulang tahun, mbah Google!

Sumber: teknoup.com