Cacing Pipih Bersarang di Lengan Gara-gara Makan Daging Mentah - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Cacing Pipih Bersarang di Lengan Gara-gara Makan Daging Mentah

Sebaiknya berhati-hati saat memakan ikan atau daging yang belum dimasak secara sempurna. Daging mentah bisa saja mengandung parasit yang membahayakan kesehatan Anda, seperti yang dialami seorang wanita ini.

Seekor cacing pipih berukuran 6 sentimeter bersarang dan tampak menonjol di bawah kulit lengan Emily Buckley (28 tahun). Cacing ini biasanya terkait dengan konsumsi ikan dan daging mentah.

Kasus Emily ini tergolong langka karena biasanya cacing pipih menyerang manusia di bagian sistem pencernaan. Sedangkan pada kasus Emily, cacing justru tambak menonjol di bawah kulitnya.

"Semua orang terkejut melihatnya, tetapi saya benar-benar merasa santai. Saya pernah mendengar cerita-cerita horor tentang orang yang meninggal karena parasit. Saya tahu, (kasus) saya yang terbaik," jelas Emily Buckley, yang berasal dari Wrexham, Inggris, seperti dilansir Dailymail, Selasa (25/9/2012).

Awalnya dokter dibuat bingung dengan kondisi Emily. Benjolan cacing di lengan Emily sendiri tidak terasa sakit, hanya ada sedikit sensasi gatal dan kesemutan. Cacing tersebut tumbuh besar setiap harinya, namun sama sekali tidak terasa sakit.

Dokter yang merawatnya bahkan mengatakan bahwa ia belum pernah melihat kasus seperti ini sebelumnya. Kemungkinan si cacing kehilangan jalan di sekitar tubuh dan akhirnya terjebak di bawah kulit lengan.

"Saya pikir mereka (dokter) akan menyimpannya untuk tujuan penelitian setelah mereka mengoperasinya," lanjur Emily.

Emily percaya dirinya terinfeksi parasit ini ketika melakukan perjalanan ke Pulau Perhentian di Malaysia bersama pacarnya David Phillips (28 tahun), adiknya Joseph Buckley (25 tahun) dan teman-temannya bulan Mei lalu.

Emily kembali ke Inggris pada awal September lalu dan oleh dokter umum segera dirujuk ke Liverpool School of Tropical Medicine. Dokter juga menemukan parasit lain di dalam kantung empedunya.

Parasit cacing pipih memakan darah, cairan jaringan atau potongan sel di dalam tubuh inang. Infeksi oleh cacing pipih dapat terjadi di saluran pencernaan serta organ-organ lain seperti hati.

Cacing ini dapat bertelur begitu banyak di pembuluh darah usus kecil yang pecah, darah dan telur kemudian melewati sistem pencernaan. Orang dapat terinfeksi parasit ini dari ikan mentah atau tanaman yang tumbuh di perairan yang dipenuhi oleh cacing pipih.

Gejalanya bisa berupa ruam, demam, diare dan mengi. Jika tidak diobati, orang yang terinfeksi dapat menjadi sangat sakit dan meninggal akibat infeksi atau karena tidak bisa pulih dari kondisi lain.

Sumber: detik.com