Agar Mudah Konsentrasi, Sediakan Air Minum Saat Ujian



Jika ingin berhasil dalam mengerjakan ujian, ada baiknya membawa serta air minum saat mengerjakan soal ujian. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa membawa air minum ke dalam ruang ujian dapat meningkatkan nilai ujian.



Peneliti menemukan bahwa siswa yang membawa air minum ke dalam ruang ujian mendapat nilai rata-rata 5% lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak membawa air minum. Penelitian yang dilakukan oleh University of East London dan Universuty of Westminster ini juga menemukan bahwa siswa yang lebih tua lebih cenderung membawa air minum ke ruang ujian.


Para peneliti mengamati 447 orang mahasiswa psikologi di University of East London. 71 orang di antaranya berada foundation year atau kelas dasar untuk mempersiapkan kuliah, 225 orang lagi adalah mahasiswa tahun pertama dan 151 orang sisanya adalah mahasiswa tahun kedua.


Di antara seluruh peserta penelitian, hanya 25% yang membawa air minum ke dalam ruang ujian. Dari jumlah tersebut, siswa yang lebih senior lebih cenderung membawa air minum. Tercatat sebanyak 31% mahasiswa tahun kedua membawa air minum, sedangkan jumlah mahasiswa tahun pertama dan siswa kelas dasar yang membawa air minum hanya sebanyak 21% .


"Membawa air minum ke dalam ruang ujian adalah cara yang sangat murah bagi siswa dan guru untuk dapat membantu mendapatkan hasil ujian yang lebih bagus," kata dr Mark Gardner dari University of Westminister seperti dilansir BBC, Kamis (19/4/2012).


Setelah menghitung kemampuan akademik mahasiswa dengan cara memeriksa nilai ujian, para peneliti menemukan bahwa nilai ujian siswa kelas dasar yang minum air meningkat hingga 10%. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan tentang pentingnya minum selama ujian, khususnya untuk siswa yang lebih muda.


Peningkatan sebesar 5% juga dialami mahasiswa tahun pertama dan peningkatan 2% dialami mahasiswa tahun kedua yang membawa air minum. Di antara seluruh kelompok, terjadi peningkatan nilai sebesar 4,8% pada siswa yang membawa air minum.


"Mengkonsumsi air nampaknya memiliki efek fisiologis terhadap fungsi otak yang mengakibatkan peningkatan kinerja. Konsumsi air juga dapat mengurangi kecemasan yang memiliki efek negatif terhadap kemampuan dalam mengerjakan ujian," kata Dr Chris Pawson dari University of East London.


Temuan ini menganjurkan kepada pihak kampus atau sekolah untuk selalu menyediakan air minum bagi para siswa demi meningkatkan prestasi belajarnya.

Sumber: detik.com
Previous
Next Post »