Panduan Memilih Web-Hosting Terbaik

web-hosting-introduction

Apakah Anda ingin memiliki blog atau website sendiri untuk keperluan pribadi maupun usaha kecil-kecilan, tetapi tidak tahu bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah, ada banyak platform baik yang berbayar maupun yang tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun alias gratis seperti WordPress atau Blogger. Tentu saja fitur yang ada pada platform berbayar akan jauh lebih lengkap dibandingkan yang gratis. Tetapi apabila kamu baru dalam tahap “coba-coba”, tidak ada salahnya mencoba dulu dengan yang gratis.

Tetapi ada satu yang sebaiknya tidak pakai yang gratisan yaitu web-hosting. Mengapa? Karena web-hosting merupakan “rumah” untuk menyimpan data website seperti artikel, gambar, file dan lainnya. Salah pilih web-hosting risikonya website Anda berjalan dengan lemot dan bahkan bisa hilang.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih web-hosting:

1.     Web-hosting Lokal atau Luar Negeri?
Inikabarku.com menempatkan poin ini di urutan pertama karena sebelumnya telah memiliki pengalaman dengan web-hosting asal Paman Sam. Perbedaan waktu dan kendala bahasa menjadi kendala utama. Mengapa? Karena perbeAkan lebih mudah menjelaskan permasalahan dengan bahasa yang kita kuasai dan dapat menjelaskannya via telepon.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah perbedaan nilai tukar mata uang asing, karena kita membayar dengan mata uang asing maka setelah dikonfersi ke Rupiah nilainya bisa berubah.

2.     Harga
Hal ini pasti menjadi perhatian utama, terutama bagi wirausaha yang baru saja merintis usaha. Jangan terjebak harga murah tetapi fitur yang disediakan sangat minim. Tetapi cari harga terbaik!

Apa maksudnya harga terbaik? Harga terbaik adalah harga yang Anda bayar sesuai dengan paket maupun layanan yang Anda pergunakan. Jangan sampai, Anda harus membayar terlalu mahal untuk layanan yang tidak Anda pergunakan atau telah Anda miliki di penyedia layanan lainnya.

Ada pula pernyedia web-hosting yang memberikan garansi uang kembali apabila dalam waktu 30 hari pertama setelah layanan diaktifkan apabila Anda merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.

3.     Server Cepat dan Andal
Harga murah tidak akan berguna apabila server yang Anda peroleh lambat. Alhasil website Anda pun akan lambat atau bahkan crash. Cari penyedia web-hosting yang memiliki lokasi data center berstandar internasional dan ramah lingkungan contohnya Green Data Center Tier-4. Sehingga data website Anda akan terjamin keamanannya dan dijamin tetap uptime hingga 99,98%.

4.     Fitur yang Diberikan
Tidak selamanya harga murah berarti kualitasnya tidak sebaik harga yang lebih tinggi. Anda harus menelaah fitur yang ditawarkan. Biasanya ada perusahaan penyedia web-hosting yang menawarkan fitur bundling dalam harga yang dibayarkan sehingga lebih ekonomis dibandingkan membeli fitur tambahan tersebut secara terpisah.

Fitur tambahan yang sangat berguna contohnya POP3 email, addon domains, instant backup, domain gratis, antispam dan SSL untuk security website.

5.     Review Pelanggan
Lihat pendapat pelanggan yang telah menggunakan layanan web-hosting, pelajari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari setiap perusahaan penyedia layanan. Tetapi Anda perlu teliti karena tidak semua review yang diberikan bersifat obyektif.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih web-hosting? Dari sekian banyak web-hosting yang ada di Indonesia, inikabarku.com merekomendasikan Niagahoster karena Niagahoster merupakan salah satu perusahaan penyedia web-hosting terbaik di Indonesia.

Salah satu kelebihannya adalah pelayanan 24 jam dan dashboard yang mudah dimengerti sehingga tidak hanya para profesional, pengguna awam pun dapat menggunakan layanan Niagahoster dengan mudah.

Mengenai harga hosting murah, Niagahoster berani diadu bahkan memberikan jaminan jika Anda menemukan paket web hosting IIX yang lebih murah dari sebuah perusahaan hosting di Indonesia. Anda dapat memberikan url halaman website tersebut ke Niagahoster untuk mendapatkan harga yang lebih murah!

Selamat memilih hosting untuk website Anda!

(inikabarku.com – Abigail Gloria)
Previous
Next Post »