10 Penyebab Kegagalan dalam Menurunkan Berat Badan

Jika Anda makan makanan sehat dengan ketat dan sudah berolahraga teratur, namun masih juga gagal menurunkan berat badan, mungkin inilah saatnya untuk memperhatikan hal-hal yang menghambat usaha Anda. Simaklah 10 penyebab kegagalan dalam mengurangi berat badan berikut.

1. Anda makan berlebihan setelah berolahraga
Baru saja olahraga, Anda sudah makan banyak (bukankah Anda baru saja membakar kalori Anda?) Malah, saat kita tidak berlebihan memperkirakan kalori yang kita bakar saat latihan, Anda bisa saja mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar saat latihan, yang membuat berat badan Anda bertambah dan bukan berkurang.

2. Anda tidak cukup tidur
Kurang tidur dapat mengurangi manfaat dari latihan Anda dan menyebabkan berat badan Anda bertambah. Kurang tidur tidak hanya berpengaruh pada kemampuan dan daya tahan tubuh, namun juga memperlambat proses metabolisme, menambah nafsu makan. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan kadar stress, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Anda terlalu banyak minum-minuman yang manis
Anda sudah memperhatikan apa yang Anda makan, mengurangi makanan yang berlemak dan tidak makan kudapan di antara makan besar Anda, namun apakah Anda sudah mempertimbangkan jumlah kalori yang mungkin Anda minum setiap hari?

Kita semua tahu bahwa sumber minuman berkalori yang tidak baik berasal dari alkohol, Anda sebaiknya juga memerhatikan jumlah kalori dalam jus buah, minuman ringan dan berbagai minuman yang panas. Setiap kalori berasal dari asupan harian Anda, jadi jangan sepelekan minuman Anda!

4. Anda makan dengan porsi besar
Jika Anda makan makanan yang rendah lemak dan sehat, perhatikan juga porsi Anda. Meskipun Anda berpikir bahwa Anda hanya makan tiga kali sehari, dengan porsi yang besar yang kita konsumsi Anda sebenarnya makan sama dengan enam atau lebih ukuran porsi standar tiap harinya. Perlu Anda perhatikan, bahwa meskipun makanan yang Anda makan itu sehat, tetap saja Anda harus memakannya dengan tidak berlebihan.

5. Anda makan terlalu sedikit
Meski makan terlalu banyak dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah, makan terlalu sedikit juga dapat membuatnya sulit untuk mengurangi berat badan.

Tubuh Anda memiliki naluri alami untuk melindungi dirinya, sehingga saat tubuh Anda tidak diberi cukup asupan makanan, maka tubuh secara otomatis akan berubah menjadi mode kelaparan, yang menyebabkan proses metabolisme melambat dan tubuh akan menimbun lemak dan kalori. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi semakin sulit untuk mengurangi beratnya.

6. Anda tidak konsisten
Barangkali hal yang membuat metabolisme dan lingkar pinggang Anda semakin buruk daripada makan terlalu banyak atau terlalu sedikit adalah Anda sering mengubah pola makan Anda secara ekstrem.

Jika Anda secara teratur menambah dan mengurangi diet Anda atau membuat tubuh Anda kelaparan lalu makan gila-gilaan setelahnya, maka Anda akan merusak metabolisme Anda dan menyebabkan tubuh Anda menyimpan lebih banyak lemak.

Karena makan terlalu sedikit akan menyebabkan metabolisme Anda melambat, dengan makan gila-gilaan setelah masa itu, akan menyebabkan berat tubuh Anda semakin cepat bertambah.

7. Anda tidak mengubah latihan Anda
Jika Anda melakukan latihan yang itu-itu saja, mungkin latihan Anda tersebut kini sudah tidak berpengaruh lagi. Melakukan aktivitas latihan yang sama lagi dan lagi tidak hanya membuat Anda bosan, yang akan menyebabkan Anda kekurangan motivasi dan menunda latihan Anda, namun hal tersebut juga dapat mengurangi intensitas dan hasil latihan Anda.

Saat tubuh Anda menjadi lebih efisien pada aktivitas tertentu, tubuh Anda akan beradaptasi dan latihan Anda tidak berpengaruh lagi, akibatnya Anda akan membakar lebih sedikit kalori,

8. Anda tidak perlu mengurangi berat badan
Dengan semakin banyaknya jumlah penderita obesitas di dunia, maka tampaknya sulit bagi setiap orang menurunkan berat badannya. Meskipun banyak orang memang perlu menurunkan berat badan mereka, Anda mungkin bukanlah salah satu dari mereka.

Daripada berusaha membentuk tubuh yang tidak masuk akal (dan ingatlah, semakin kecil berat tubuh Anda, akan lebih sulit Anda untuk menurunkan berat badan), tanyalah pada diri Anda sendiri, dan dokter Anda, sejujurnya jika ada alasan medis yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan. Jika tidak, sudah saatnya untuk menghentikan diet dan mulai memberikan penghargaan atas kerja keras.

9. Berat badan Anda tidak mencerminkan lemak tubuh Anda yang sesungguhnya
Banyak orang yang berpikir bahwa berat badan mereka merupakan cara untuk mengukur seberapa banyak lemak Anda, apakah mereka telah berkurang atau bertambah.

Namun meski angka memberitahu berat badan Anda, angka tersebut tidaklah menunjukkan seberapa banyak lemak, otot atau cairan tubuh Anda, sehingga hal itu bukanlah gambaran yang akurat untuk melihat kemajuan penurunan berat badan.

Sebagai contoh, mendapatkan otot lewat latihan fitness yang baru dapat membuat Anda lebih lambat turun berat badan, karena cairan dapat tertimbun. Untuk indikasi yang lebih akurat dari kadar lemak Anda, cobalah untuk menelusuri perubahan ukuran dan seberapa pas pakaian Anda, atau cobalah untuk memeriksakan kadar lemak tubuh Anda.

10. Anda punya gangguan kesehatan
Banyak gangguan kondisi kesehatan seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), gangguan tiroid dan ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan bertambahnya berat badan Anda dan membuatnya sulit untuk turun kembali. Juga alergi pada makanan dapat membuat Anda sulit menurunkan berat badan.

Meskipun gangguan kesehatan tersebut itu tidak selalu menjadi satu-satunya penyebab naiknya berat badan, efek samping dari obat-obatan tertentu dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini jika Anda berniat menurunkan berat badan.

Baca juga:
Perbesar Otot Pakai Steroid? Ini Risikonya
Pria dengan Otot Bisep Sebesar Pinggang Orang Dewasa
Bahaya Perbesar Otot Pakai Steroid, Payudara Membesar Testis Menyusut
8 Penyebab Perut Buncit
Jangan Olahraga dengan Perut Kosong

sumber : yahoo.com

Dapatkan Artikel IniKabarKu via Email