Kurangi Sikap Negatif dalam Membina Hubungan

 
Sikap negatif bisa terlihat dalam berbagai bentuk mulai dari sinis, mengkritik, menyerang, pesimis, perfeksionis hingga terlalu sensitif. Semua perilaku tersebut bisa membuat orang menjauhi Anda, tak terkecuali pasangan. Apalagi si dia lah orang yang paling sering menghabiskan waktu bersama Anda.

Untuk mengetahui seberapa sering Anda mengeluarkan sikap negatif dalam kehidupan sehari-hari, coba jawab empat pertanyaan di bawah ini:

1. Apakah Anda sering merasa bad mood? Apakah Anda mengeluh atas berbagai hal buruk yang terjadi?
2. Apakah Anda sering mengkritisi kehidupan orang-orang di sekeliling Anda? Apakah Anda selalu melihat satu kejadian dengan sudut pandang negatif?
3. Apakah Anda orang yang perfeksionis? Jika ada orang berkata, 'Selamat Pagi', apakah Anda langsung berpikir apa maksud yang ada di balik ucapan itu?
4. Apakah Anda lebih sering mengatakan 'tidak' ketimbang 'ya' pada permintaan anak atau pasangan?

Jika jawaban dari empat pertanyaan di atas kebanyakan 'ya', artinya Anda memiliki kepribadian yang negatif dan bisa membahayakan pernikahan. Tapi jangan terlalu khawatir dulu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubahnya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar menjadi orang yang lebih positif seperti dipaparkan pasangan penulis buku 'The Everything Great Marriage Book', Sheri dan Bob Stritof yang sudah menikah selama 48 tahun pada About:
  1. Makan makanan yang sehat
  2. Tidur cukup
  3. Olahraga
  4. Lakukan sesuatu yang bisa membuat Anda senyum, setiap hari. Misalnya saja mendengarkan lagu favorit, menonton video lucu, relaksasi di salon, dan lain-lain.
  5. Saat pikiran negatif mulai datang, pertanyakan hal itu. Paksa diri untuk memikirkan sesuatu yang positif.
  6. Bergaullah dengan orang-orang yang lebih sering bersikap positif.
  7. Jangan ragu untuk menerima pujian.
  8. Hadapi kenyataan kalau Anda butuh bantuah ahli seperti psikolog.
Menurut Sheri dan Bob, sikap negatif Anda juga bisa datang karena tertular pasangan. Jika Anda menikah dengan orang yang memiliki kepribadian negatif, Anda pun bisa ikut memiliki sikap serupa. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum terlambat, Anda bantu pasangan agar bisa menjadi orang yang lebih positif. Caranya:
  1. Jangan langsung tersinggung ketika pasangan bersikap negatif.
  2. Ingat, sikap negatif itu adalah masalah pasanga, bukan Anda. Sehingga Anda jangan ikut tertular emosi.
  3. Kalau pasangan menolak untuk dibantu mengatasi sikap negatifnya, jangan berikan reaksi yang berlebihan.
  4. Habiskan waktu dengan orang-orang yang lebih sering bersikap positif. Cara ini perlu dilakukan agar Anda bisa istirahat sejenak dari sikap negatif pasangan.
  5. Ajak pasangan untuk jalan-jalan bersama setidaknya seminggu sekali.
  6. Kenali perubahan positif dari pasangan saat sikap negatifnya mulai hilang dan berikan pujian.
  7. Dukung pasangan untuk mencoba sesuatu yang baru.
  8. Jangan takut untuk menghentikan pembicaraan jika pasangan mulai bersikap negatif. Ganti topik pembicaraan menjadi sesuatu yang lebih positif.
sumber : detik.com

Dapatkan Artikel IniKabarKu via Email