Keren, Pertamina Bakal Luncurkan BBM Solar Campur Air

Solar pertamina

PT Pertamina (Persero) saat ini sedang serius menyelesaikan uji coba Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar yang dicampur dengan air murni. Bila berhasil produk ini, maka akan segera dipasarkan ke masyarakat.

"Kita sudah tes, 5% campuran air sudah berhasil. Kita sedang menuju campuran 10% air," ungkap Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, Jumat (24/4/2015).

Bambang mengatakan, walau sudah berhasil dalam uji coba, tetapi masih butuh proses untuk menjualnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). BBM tersebut harus melalui uji lapangan, lolos uji Lemigas Kementerian ESDM, dan ke produsen kendaraan bermotor.

"Prosesnya hampir sama lah ketika kita mau meluncurkan Pertalite," ujarnya.

Agar Solar dan air bisa menyatu, lanjut Bambang, BBM ini ditambahkan campuran fatty acid (asam lemak) yang berasal dari minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

"Jadi nantinya 75% Solar murni, dicampir 15% fatty acid, dan 10% air. Tapi ini masih dalam tahap uji coba. Doakan berhasil, sehingga ketergantungan negeri ini terhadap minyak bumi bisa makin berkurang, berapa pun jumlahnya," papar Bambang.

Sumber: detik.com

Bikin Geger, Undangan Pesta Kelulusan dengan "Bikini Summer Dress"

Undangan Pesta Kelulusan dengan Bikini Summer Dr

Sebuah undangan pesta kelulusan dengan bikini sebagai dress code atau busana yang ditentukan membuat geger pihak sekolah. Salah satunya adalah SMA Negeri 24 Jakarta yang namanya tertera dalam undangan elektronik yang menyebar di berbagai media sosial belakangan ini.

Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 24 Bidang Kesiswaan Erni Surwati mengungkapkan bahwa pertama kali dia tahu soal undangan itu adalah dari kepala sekolah.

Kepala sekolah SMA Negeri 24 dapat info tersebut dari sebuah grup chatting yang beranggotakan para kepala sekolah satu Jakarta.

"Kaget sekali ada yang kayak gitu-gitu ya. Tadi kepala sekolah tanya ke kami terus langsung dirapatkan," tutur Erni, Kamis (23/4/2015).

Erni menambahkan, dari hasil rapat kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan para wali kelas, diputuskan beberapa hal yang pada intinya melarang siswa-siswi kelas 12 mengikuti acara tersebut.

Jika ketahuan ada yang ikut atau berpartisipasi, maka pihak sekolah akan langsung memberikan sanksi tegas. "Pastinya kita akan beri sanksi, nanti sanksinya apa, kita rapatkan lagi," ucap Erni.

Dalam poster undangan bentuk elektronik tersebut, tertera tema acaranya adalah "Splash After Class" yang diadakan pada hari Sabtu (25/4/2015) pukul 22.00 WIB.

Acaranya diadakan di The Media Hotel, tepatnya di area kolam lantai enam gedung tersebut. Turut disertakan beberapa baris info kontak yang bisa dihubungi dengan nama penyelenggara Divine Production, dari akun Instagram, Twitter, sampai nomor handphone.

Di bagian bawah poster, juga ada tulisan beberapa SMA dan SMK di Jakarta dan sekitarnya yang mendukung acara tersebut, salah satunya SMA Negeri 24.

Terkait hal itu, Erni menegaskan bahwa SMA Negeri 24 tidak tahu menahu soal acara tersebut. Terlebih untuk mendukung penyelenggaraan pesta itu.

"Kita kalau membuat acara pasti harus formal dan enggak aneh-aneh ya," ujar Erni.

Menurut Erni, siang ini, kepala sekolah di Jakarta tengah berkumpul di kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk merapatkan dan menyikapi undangan pesta bikini itu.

Sumber: kompas.com

Cara Tepat Cegah Anak dari Alergi Makanan

Anak sedang Makan

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), DR dr Zakiudin Munasir, SpA(K) menyayangkan sikap orangtua yang turut menjauhi makanan subsitusi (pengganti) dari si kecil pengidap alergi makanan.

"Menghindari faktor pencetus memang  cara tepat supaya si anak terhindar dari alergi. Namun, jangan dipukul rata dengan juga menjauhi mereka dari makanan subsitusinya," kata Zakiudin dalam diskusi bertajuk `Morinaga Allergy Week` di Kalcare, Lotte Shopping Avenue, Mega Kuningan, Jakarta ditulis Sabtu (18/4/2015)

Misalnya, ketika diketahui alergi telur, bukan berarti si kecil tidak diperbolehkan mengonsumsi ayam. Saat tahu si kecil alergi kacang, orangtua boleh kok memberi dia tahu dan tempe.

"Lucunya, ketika si kecil alergi susu sapi, ibu jadi begitu pantang memberi si anak daging sapi di kemudian hari," kata Zakiudin.

Alergi, jelas Zakiudin, merupakan suatu rekasi yang berbeda atau menyimpang dari normal terhadap berbagai rangsangannya.

Sumber: liputan6.com

Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jakarta Selama KAA

persiapan asia afrika

Pelaksaan KAA di Jakarta dimulai pada Minggu 19 April hingga Kamis 23 April 2015. Acara dipusatkan di Jakarta Hall Convention Center (JHCC), Senayan, Jakarta.

Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Warsinem mengatakan, para delegasi dan kepala negara akan menuju JHCC dengan melintasi Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Gatot Soebroto dan Kawasan SCBD. Untuk itu ada rekayasa lalu lintas di ruas jalan yang akan dilintasi para delegasi.

"Pengalihan arus sifatnya situasional namun tidak ada penutupan jalan total," kata Warsinem saat dihubungi di Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Pengalihan arus lalu lintas, jelas dia, kemungkinan dilakukan pada 22-23 April 2015 sekitar pukul 06.00 WIB-09.00 WIB. Selain itu, pada malam hari juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan.

Berikut rute pengalihan lalu lintas kendaraan selama KAA berlangsung di Jakarta:

Pengalihan jalan KAA

Sumber: liputan6.com

Zayn Malik keluar dari One Direction


Zayn Malik berhenti dari One Direction, demikian pernyataan kelompok musik tersebut memastikannya.

Malik mengatakan, "Kehidupan saya dengan One Direction melebihi yang saya bayangkan. Tetapi setelah lima tahun, saya merasa sekarang saat yang tepat untuk meninggalkan band.

"Saya ingin meminta maaf kepada para penggemar jika saya menimbulkan kekecewaan, tetapi saya harus melakukan hal yang benar."

One Direction akan melanjutkan lawatan dunia sebagai band dengan empat orang personil dan merekam album kelima tahun ini.

Minggu lalu, Malik mundur dari tur dunia band tersebut karena stres.

Dia kembali ke Inggris tidak lama setelah terpaksa harus berusaha mempertahankan hubungan dengan tunangannya penyanyi Little Mix, Perrie Edwards, setelah muncul foto dirinya memeluk pinggang wanita lain.

Foto kedua yang diambil dari belakang memperlihatkan Malik berdiri di dekat wanita itu. Tangan dan lengan mereka sepertinya berpegangan erat.

Anggota lain One Direction mengeluarkan pernyataan," Kami sangat sedih Zayn keluar, tetapi kami sangat menghormati keputusannya.

"Lima tahun terakhir ini lebih dari menakjubkan - kami mengalami begitu banyak hal bersama-sama, jadi akan selalu berteman.

"Kami berempat akan terus (berkarir). Kami menyambut rekaman album baru dan menemui semua fans di lanjutan tur dunia."

Sumber: bbc.co.uk

Selusin Renungan Terakhir Yanni Libels


Sebelum kembali kepada Sang Pencipta untuk selamanya, vokalis grup vokal Trio Libels, Yanni Djunaedi atau Yanni "Libels", sempat menulis 12 hal yang menjadi renungannya. 

Yanni mencurahkan renungan tersebut di dalam akun Facebook miliknya pada Selasa (24/3/2015) pukul 07.37 WIB. Berikut selusin renungan Yanni.

"INI BUKAN NASEHAT, SAYA PIKIR......SAYA PIKIR...," tulis Yanni mengawali renungannya.

"Saya pikir, hidup itu harus banyak meminta ~ ternyata harus banyak memberi."

"Saya pikir, sayalah orang yang paling hebat ~ ternyata ada langit di atas langit."

"Saya pikir, kegagalan itu final ~ ternyata hanya sukses yang tertunda."

"Saya pikir, sukses itu harus kerja keras ~ ternyata kerja cerdas."

"Saya pikir, kunci surga ada di langit ~ ternyata ada di hatiku."

"Saya pikir, Tuhan selalu mengabulkan setiap permintaan ~ ternyata Tuhan hanya memberikan yang kita perlukan."

"Saya pikir, makhluk yang paling bisa bertahan hidup adalah yang paling pintar, atau yang paling kuat ~ ternyata yang paling cepat merespon perubahan."

"Saya pikir, keberhasilan itu karena turunan ~ ternyata karena ketekunan."

"Saya pikir, kecantikan luar yang paling menarik ~ ternyata inner beauty yang lebih menawan."

"Saya pikir, kebahagiaan itu ketika menengok ke atas ~ ternyata ketika melihat ke bawah."

"Saya pikir, usia manusia itu di ukur dari bulan & tahun ~ ternyata di hitung dari apa yang telah dilakukannya kepada orang lain."

"Saya pikir, yang paling berharga itu uang & Kekuasaan -emas- permata ~ Ternyata BUKAN juga ......yang paling Penting dan Paling mahal itu "KESEHATAN dan NAMA BAIK," tulis Yanni di akhir renungannya tersebut.

Hanya berselang 12 jam setelah menulis status tersebut dalam akun Facebook miliknya, Yanni tiba-tiba dikabarkan telah meninggal dunia pada Rabu (25/3/2015) pagi.

Berita ini tersiar melalui media sosial. Kabar meninggalnya pria bernama lengkap Yanni Djunaedi ini membuat sejumlah artis kaget. "Innalillahi Wainna Illaihi Rojiiun ... ya Allah kaget bgt brsan dgr sahabat tercinta Yanni Libels meninggal dunia..seorang kakak yg paling belain gw wkt di Libels..In Shaa Allah Khusnul Khotimah..Pintu Sorga menunggu mu Kakakkuuuu," tulis Armand Maulana di akun Instagram sambil memajang fotonya bersama Yanni.

Sumber: kompas.com

4 Polisi Terancam Penjara karena Gelar Razia Ilegal

Kapolrestabes Semarang Kombes Djihartono

Kapolrestabes Semarang Kombes Djihartono geram terhadap ulah empat anggota Kepolisian Sektor Tembalang yang melakukan razia ilegal di Temanggung.

Senin (23/3/2015) pagi, saat apel pagi di Polrestabes Semarang, keempat anggota ini dihadirkan dan dibariskan di depan dengan disaksikan peserta apel.

"Tadi sudah saya apelkan, sekalian jadi pembelajaran untuk anggota lainnya," kata Djihartono, Senin (23/3/2015).

Keempat anggota itu sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan di Seksi Propam Polrestabes Semarang. Keempatnya terbukti melanggar disiplin Polri. 

"Belum kode etik, masih pelanggaran disiplin," katanya.

Meski masuk kategori pelanggaran disiplin, keempat anggota itu terancam sanksi tegas.
"Penjara 21 hari dan penundaan pangkat selama dua periode," kata Djihartono.

Sebelumnya, tiga orang anggota Unit Lantas dan seorang anggota Unit Sabhara Polsek Tembalang tertangkap tangan anggota Seksi Propam Polres Temanggung saat melakukan operasi (razia) di daerah Temanggung pada Sabtu (21/3/2015).

Keempat oknum polisi ini lalu diamankan di Polres Temanggung, kemudian diserahkan ke Seksi Propam Polrestabes Semarang pada Minggu (22/3/2015) dini hari.

Sumber: kompas.com

Mantan PM Singapura Lee Kuan Yew Tutup Usia

Lee Kuan Yew Meninggal Dunia

Mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew meninggal dunia dalam usia 91 tahun. Lee Kuan Yew menjadi pemimpin Singapura antara tahun 1959 hingga 1990, tetapi tetap menjadi tokoh berpengaruh dan pakar strategi ekonomi negara kota itu.

"Perdana Menteri dengan duka yang dalam mengumumkan meningalnya Lee Kuan Yew, Perdana Menteri pendiri Singapura. Lee meninggal dengan tenang di Singapore General Hospital hari ini pukul 03:18 pagi," menurut kantor perdana menteri.

Informasi kapan masyarakat untuk melawat dan proses pemakaman akan diumumkan kemudian, tambahnya.

Lee meninggalkan dua putra, Lee Hsien Loong, yang kini menjadi perdana menteri, dan Lee Hsien Yang, serta seorang putri, Lee Wei Ling.

“Harry” Lee Kuan Yew, warga Singapura generasi keempat yang nenek moyangnya dulu pindah dari propinsi Guangdong di Tiongkok pada tahun 1860an, memainkan peran utama dalam memimpin negara pulau itu pasca era penjajahan menuju keberhasilan ekonomi.

Sebagai orang yang selamat dari pendudukan Tentara Kekaisaran Jepang di Singapura, setelah perang berakhir Lee belajar ekonomi di London dan kuliah di Universitas Cambridge sampai mendapat gelar sarjana hukum.

Karir politiknya dimulai tahun 1954 dengan pembentukan Partai Aksi Rakyat PAP yang merupakan koalisi kelompok kelas menengah dan serikat dagang pro-komunis. Tahun 1955 Lee menjadi pemimpin kelompok oposisi di parlemen. Tetapi perpecahan di dalam PAP dengan sayap kiri partai itu mendorong penangkapan tokoh-tokoh pro-komunis tahun 1957.

PAP menang besar dalam pemilu tahun 1959 dan Lee Kuan Yew menjadi perdana menteri pertama Singapura, jabatan yang dipegangnya hingga tahun 1990 sebelum ia diangkat menjadi menteri senior.

Carl Thayer, pakar politik di University of New South Wales di Australia mengatakan Lee sangat penting bagi sejarah Singapura di masa mendatang.

“Kisah tentang Singapura modern ini tidak bisa diceritakan tanpa merujuk pada Lee Kuan Yew. Ia membawa negara itu dari era penjajahan menuju kemerdekaan. Ia menangkis tantangan-tantangan dari kelompok sosialis-kiri dan kemudian mendominasi politik," ujar Thayer.

Lee Kuan Yew pernah menghadapi tantangan sebagai perdana menteri. Rencananya semula adalah membentuk Federasi Malaysia, yang menyatukan Singapura, Malaysia, Sabah dan Sarawak. Tetapi kemudian muncul perbedaan pendapat antara Perdana Menteri Semenanjung Malaysia Tunku Abdul Rahman dan Lee Kuan Yew, terutama setelah kerusuhan rasial antara warga Muslim dan Cina tahun 1964 dan terulang kembali tahun 1965. Pada tanggal 9 Agustus 1965 Tunku Abdul Rahman menyerukan perpisahan.

“Ada beberapa perbedaan di antara pemerintah Malaysia dan pemimpin pemerintah Singapura. Perbedaan-perbedaan ini muncul dalam begitu banyak bentuk dan banyak hal yang tidak mungkin diselesaikan, jadi kami memutuskan untuk berpisah," katanya.

Sejumlah sejarawan mengatakan Lee Kuan Yew menentang sikap Tunku Abdul Rahman yang lebih berpihak pada warga Melayu dibanding etnis Cina. Lee sangat sedih mendengar berita perpisahan ini.

“Sepanjang hidup saya, saya yakin pada persatuan Malaysia dan Singapura. Yang terhubung karena geografi dan ikatan kekerabatan… maaf dapatkah kita berhenti sebentar," ujar Lee Kuan Yew yang tampak emosional saat itu.

Pada usia 42 tahun Lee Kuan Yew menjadi pemimpin tunggal Singapura, bekerja keras mencapai pertumbuhan ekonomi untuk membangun Singapura dan membina kesatuan.

“Saya tidak berada di sini untuk memainkan strategi orang lain. Saya bertanggungjawab pada beberapa juta orang dan Singapura harus berhasil," tegasnya.

Beberapa analis mengatakan kekuatan Lee adalah pada kemampuannya menetapkan standar dan tujuan, Lee adalah “pemikir strategis” yang memanfaatkan sumber daya paling bernilai bagi Singapura: yaitu rakyatnya sendiri.

Investasi asing pun berdatangan. Dengan angka pertumbuhan yang kerap mencapai 10% selama puluhan tahun, Lee membantu merumuskan model pembangunan kapitalis yang juga diadopsi oleh negara-negara yang pernah disebut sebagai “Macan Asia”, yaitu Hong Kong, Taiwan dan Korea Selatan.

Dengan kemajuan industri , Singapura berkembang menjadi negara kota yang modern, ujar Michael Barr, pakar politik di Universitas Flinders, Australia Selatan.

Menurut Barr, “Saya kira salah satu pencapaian terbaik Lee Kuan Yew, warisan yang paling positif yang akan ditinggalkannya, adalah bagaimana ia menyadari dan memanfaatkan keunggulan alami Singapura dengan cara-cara yang sangat luar biasa”.

Singapura menjadi pelabuhan tersibuk di dunia, dan baru akhir-akhir ini dikalahkan oleh Shanghai. Investasi mengalir ke bidang penyulingan minyak, pembangunan pusat transportasi di kawasan, maskapai penerbangan nasional yang mencapai keunggulan global dan menjadikan sektor perbankan sebagai bagian penting pasar keuangan global.

Barr mengatakan Lee Kuan Yew juga mengumpulkan tokoh-tokoh penting untuk memetakan pembangunan masa depan Singapura.

“Ia membina pimpinan politik yang serius dan membangun dukungan politik yang kuat bagi tokoh-tokoh negara dan administrasi yang tanggap dan penuh imajinasi. Tanpa kepemimpinan politiknya, Singapura tidak mungkin membentuk hegemoni politik seperti sekarang ini," katanya.

Sikap tegas Lee pada dalam politik dan terhadap kelompok-kelompok oposisi juga memicu kecaman terhadapnya sebagai “pemimpin otoriter”. Pemerintah menggunakan UU Keamanan Dalam Negeri atau “Internal Security Act” terhadap para pengecam dan kelompok oposisi untuk menangkap politisi, aktivis dan tokoh-tokoh serikat buruh.

Seratus orang ditangkap pada tahun 1963, termasuk bekas pemimpin redaksi surat kabar Said Zahari yang ditahan selama 17 tahun tanpa proses pengadilan. Pada tahun 1987, 22 pejabat Gereja Katolik , aktivis sosial dan profesional ditangkap karena dituduh terlibat konspirasi sayap kiri. Menanggapi kecaman media lokal dan asing, Lee menuntut para penanggung jawab media itu di pengadilan. Tetapi Lee tidak pernah minta maaf atas sikap tegasnya.

“Siapapun yang memerintah Singapura harus memiliki sikap tegas atau menyerah. Ini bukan permainan kartu. Ini soal hidup kita semua. Saya telah menghabiskan seluruh hidup saya membangun negara ini dan selama saya berkuasa tidak seorang pun bisa menghancurkannya," kata Lee.

Singapura merupakan negara yang masih menerapkan pengawasan ketat atas kebebasan berpendapat. Survey Kebebasan Pers yang dilakukan “Reporters Without Borders” tahun 2014 menempatkan Singapura diantara negara-negara Asia Tenggara yang memiliki kebebasan pers terendah, di bawah Myanmar, Kamboja, Thailand dan Indonesia.

Fakta Kesehatan Anak Laki-laki yang Wajib Orangtua Tahu

mom and son

Kesehatan anak-laki-laki memang tidak serumit anak perempuan. Tapi jika tidak diberikan penanganan yang baik, tetap akan berbahaya.

Berikut ini fakta tentang penyakit-penyakit yang bisa diderita anak laki-laki seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Bayi laki-laki delapan kali lipat lebih rentan terlahir dengan hernia. Saat testis janin laki-laki turun dari perut, salurannya kemungkinan tidak tertutup sempurna membentuk rongga di pangkal paha (dikenal sebagai inguinal hernia) yang memerlukan operasi untuk pembenahan.

Bukan hanya itu, bahkan Autisme terjadi empat kali lebih banyak pada anak laki-laki dibanding perempuan (rasionya 10:1 untuk seluruh spectrum autism, termasuk sindroma Asperger yang lebih ringan). Riset terbaru yang dipublikasikan di jurnal Molecular Psychiatry menemukan pemicunya adalah gen yang menyebabkan ketidakseimbangan kalsium di otak. Belum ada penemuan berarti yang mengungkap penyebab anak laki-laki tiga kali lipat cenderung didiagnosis menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau kesulitan belajar (seperti disleksia dan terlambat bicara)

Selain itu, jika Putra Anda mengidap asma, bersabarlah. Meskipun lebih banyak anak laki-laki yang menderita asma disbanding anak perempuan, si jagoan umumnya akan terbebas dari asma saat beranjak remaja. Sebenarnya penyakit saluran pernapasan itu dua kali lipat lebih banyak terjadi pada perempuan dewasa dibandingkan pria dewasa. Satu penjelasan yang masuk akal: kadar testoteron yang tinggi pada laki-laki melemaskan otot-otot halus saluran pernapasan.

Mantan Anggota DPR Memarahi Polisi yang Menilangnya

Mantan Anggota DPR Memarahi Polisi yang Menilang

Merasa dirinya tidak bersalah saat melanggar rambu lalu lintas, mantan anggota Komisi III, Djoko Edhi Soetjipto Abdurrahman mengamuk kepada anggota Polisi Lalu Lintas. Dia juga menuduh polisi telah menjebaknya.

Mantan politikus PAN tersebut terbukti melanggar rambu larangan memutar balik arah. Djoko mengaku, dirinya telah biasa memutar arah di lokasi tersebut dan tidak pernah ditilang polisi.

"Lho Anda itu jangan menjebak orang. Anda harus jaganya di sana. Bukan di sini. Kita orang hukum. Anda juga orang hukum, saya orang hukum," teriak Djoko kepada Brigadir Herlina Swandi, anggota Korlantas Polri yang menilangnya.

Seperti dikutip dari program '86' NET TV, Senin (9/3), sebagai anggota Komisi III, dia menjelaskan sudah tahu cara kerja polisi. "Nggak, nggak, nggak, saya gak mau dikalahkan dengan cara polisi. Enak aja kau. Saya bertahun-tahun juga mengawasi polisi. Saya di Komisi III," ujarnya.

Selain melanggar lalu lintas, surat izin mengemudi (SIM) Djoko juga diketahui sudah tidak berlaku. Setelah melalui perdebatan panjang, anggota dewan 2009-2014 tersebut akhirnya menandatangani surat tilang.

Seolah tidak puas dengan surat tilang yang diterimanya, Djoko kembali menghujat anggota Korlantas Polri yang bertugas. Dia kembali menuding jika dirinya dijebak.

"Sudahlah. Saya tahu gimana mengatur polisi. Saya Komisi III. Cara Anda menjebak tidak jelas," ujarnya sambil masuk ke dalam mobil sedan hitamnya.

Berikut video anggota DPR RI ngamuk saat ditilang polisi


Sumber: merdeka.com

Malaysia Ingin Klaim Lumpia, Pengusaha Tegaskan Itu Warisan Indonesia

Lumpia Semarang

Pengelola lumpia di Kota Semarang, Jawa Tengah, menyesalkan jawaban Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Malaysia terkait klaim Lumpia Semarang. Para keturunan pengelola usaha lumpia ini menegaskan bahwa lumpia adalah warisan budaya Indonesia.

“Aksi kemarin di Jakarta itu mandiri karena tanggung jawab kami sebagai pewaris Lumpia Semarang. Kami hanya ingin suarakan bahwa Lumpia adalah warisan budaya leluhur kami," kata pengelola Lumpia Semarang, Cik Me Me, Sabtu (7/3/2015). 

Cik Me yang mengaku sebagai pewaris generasi kelima kuliner Lumpia itu menyatakan protes yang dilayangkan sebagai bentuk kebebasan warga negara menyampaikan pendapat. Pihaknya tak ingin tutup mulut seperti jawaban yang dilayangkan Menteri Malaysia tersebut. 

Protes klaim Lumpia juga sebagai bentuk tanggung jawabnya untuk melestarikan budaya tersebut. Bagi Cik Me, Lumpia adalah kuliner yang ditemukan oleh leluhurnya Tjoa Thay Joe dan Mbok Wasi pada 1870. Dia tak ingin silsilah lumpia yang ada tiba-tiba diklaim sepihak oleh Malaysia sehingga menghilangkan warisan leluhurnya.

"Malaysia perlu bercermin sudah berapa jumlah karya seni dan warisan budaya Indonesia yang sepihak diklaim Malaysia. Sebagai sahabat, kami ingin mengingatkan saja," terangnya. 

Sebelumnya, kelompok Forum Masyarakat Peduli Budaya Indonesia (Formasbudi) menggelar aksi protes di Kedubes Malaysia soal rencana negara jiran itu untuk mengklaim Lumpia menjadi warisan budaya mereka. 

Sebagai bahan protes, Formasbudi kemudian membawa sejumlah lumpia berbeda Indonesia. Mereka membagi-bagikan lumpia, salah satunya kepada Polisi Diraja Malaysia yang berjaga di Kedutaan tersebut. 

Menteri Malaysia Datuk Seri Mohamed Nazri Aziz sempat berkomentar bahwa protes soal lumpia seharusnya tidak dilakukan karena Indonesia dan Malaysia satu kesatuan dalam bingkai Nusantara. Mereka meminta warga Indonesia tutup mulut sebab jika mulai menuntut Lumpia, mereka juga mengingatkan soal bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Melayu.

Sumber: kompas.com

Cerita Tragis Terseret di Kolong Mobil Hingga 30 KM

tubuh firman terseret 30 km hingga ke pintu tol

Insiden itu bermula saat Firman yang mengendarai motor Yamah Vega hendak menyalip Honda City D 1347 UI dari sebelah kanan. Saat hendak mendahului tiba-tiba saja ada motor lain muncul.

Entah bagaimana ceritanya, kedua motor itu bersenggolan. "Selepas nyalip dari arah berlawanan ada motor terus senggolan," jelas Kanit Laka Lantas Polresta Cimahi, Ipda Tomy Fidianto.

Tragis, saat bersenggolan itulah tubuh Firman terpelanting dan tergilas Honda City dan terseret 30 kilometer.

"Ngakunya (pelaku) enggak tahu kalau korban nyangkut di belakang mobil," katanya.

Firman terbawa sejak lokasi kecelakaan, kemudian masuk pintu Tol Pasirkoja dan tubuhnya kemudian ditemukan di Tol Cikamuning dalam kondisi mengenaskan.

Kecepatan Capai 120 km/jam

Mobil Honda City melaju kencang usai melihat hempasan tubuh Firman dan warga yang terus berteriak. Akhirnya tubuh Firman malah terbawa korban menggantung di kolong dengan kondisi mobil melaju hingga kecepatan 120 kilometer/jam.

"Kecepatan diperkirakan mencapai 120 km/jam, itu ketika di dalam tol," kata Kapolres Cimahi, AKBP Erwin Kurniawan.

Yana panik dan tancap gas lantaran di TKP warga sudah menegur untuk menghentikan mobilnya. Bukannya mengerem pedal gas, mobil sedan itu malah terus tancap gas dan baru terhenti di Tol Cipularang km 116.600.

"Diberhentikannya oleh kernet bus, yang melihat sesosok orang seperti ada di dalam kolong mobil," terangnya.

Empat Motor Warga Hingga Masuk Tol

Segala cara dilakukan warga agar Yana menghentikan laju kendaraannya. Sebab, mereka melihat tubuh Firman masih tergantung di kolong mobil.

Ada yang berteriak-teriak, hingga mengejar mobil Yana dengan menggunakan sepeda motor sampai ke dalam Tol Cipularang.

"Motor yang mengejar kecepatannya mencapai 80 km/jam. Motor juga ikut mengejar ke dalam tol. Masuknya lewat Pasirkoja," kata Kapolres Cimahi, AKBP Erwin Kurniawan.

Bukannya berhenti, dia makin tancap gas. Hingga keempat motor itu tak sanggup mengejar.

"Karena tidak terkejar akhirnya motor keluar Tol Baros (Cimahi)," tambahnya.

Panik Hingga Tancap Gas

Yana, pengemudi Honda City yang menyeret mahasiswa UPI mengaku gugup saat tubuh Firman terhempas mobilnya. Dia sebelumnya memang melihat korban terlibat kecelakaan dengan sesama motor.

"Pertama lihat ada motor jatuh di depan," kata Yana saat ditemui di sela pemeriksaannya di Polresta Cimahi.

Dengan kepanikan, dia tak sempat menginjak pedal rem. Apalagi, orang-orang berteriak menambah gugup.

"Saya enggak sempat ngerem. Ada yang bilang ada orang. Saya gugup. Saya lihat tangan. Saya takut ada massa teriak-teriak," jelasnya.

Dia mengaku langsung tanpa gas untuk mencari lokasi yang aman. Dia pun menyadari ada yang mengganjal di bagian bawah mobilnya, tapi ketakutan semakin buatnya tak konsentrasi saat mengemudi.

"Saya lari ke tempat kosong. Tapi banyak truk. Memang seperti ada suara seperti barang terseret. Tapi saya takut dan panik," ucapnya gemetar.

Di tengah kebingungan, Yana akhirnya mengarahkan setir mobil ke Tol Pasirkoja. Karena sudah bingung, dia sampai memutuskan tak mengambil tiket tol.

"Akhirnya saya masuk di Pasirkoja. Sempat mau ambil tiket tapi enggak keluar. Saya berhenti emang ke Cikamuning. Tapi berhenti sendiri," pungkasnya.

Pengemudi Honda City Negatif Narkoba

Polresta Cimahi akhirnya menetapkan pengemudi Honda City yang menyeret tubuh mahasiswa UPI, Firman, sebagai tersangka. Dia dikenakan Pasal 310 (4), 311 (5) dan Pasal 312 UU RI No 22 tahun 2009 tentang LLAJ. Adapun ancaman hukumannya 12 tahun penjara.

Polisi juga sudah memastikan Yana negatif narkoba saat mengemudi. "Negatif. Kami sudah lakukan tes urine. Bahwa pelaku ini memang tidak menggunakan narkoba," kata Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan.

Sumber: merdeka.com

BCA Minta Nasabah Waspadai Saat Membuka Internet Banking

keybca

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meminta nasabahnya berhati-hati terhadap "sinkronisasi token" saat membukainternet banking. Pasalnya, konfirmasi token yang muncul bukan berasal dari BCA.

"Tidak ada 'konfirmasi token' dari BCA. Apabila data nasabah diminta, terutama token diminta berulang-ulang, itu berbahaya," ujar Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Menurut dia, "konfirmasi token" saat membuka Internet Banking BCA terjadi karena komputer nasabah terkena virus. Hal itu membuat tampilan "konfirmasi token" terus muncul dengan tulisan "Sinkronisasi Token KEYBCA".

BCA sendiri, kata Jahja, sudah melakukan sosialisasi terhadap temuan tersebut. Pasalnya, data nasabah bisa digunakan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab. "Kita juga sudah sosialisasikan agar kalau ada yang aneh, telepon ke Halo BCA 500-888," kata Jahja.

Sementara itu, saat dihubungi terpisah, Head of Halo BCA Wani Sabu mengatakan bahwa kasus "konfirmasi token" itu memang belum banyak terjadi. Namun, dia meminta nasabah segera melaporkan setiap kejadian terkait "konfirmasi token" itu. "Belum banyak, tetapi harus segera melaporkan kepada Halo BCA," kata dia.

Senada dengan Jahja, Wani mengatakan bahwa penyebab munculnya "konfirmasi token" itu karena komputer nasabah terkena virus tertentu. Meski begitu, BCA, kata Wani, bisa mendeteksi apabila terjadi transaksi yang mencurigakan. Oleh karena itu, dia meminta nasabah untuk segera melaporkan kejadian tersebut.

Sebelumnya, sebuah informasi beredar di media sosial tentang seorang nasabah BCA yang merasa bahwa rekeningnya dibobol setelah dia berulang kali gagal melakukan transaksi Internet Banking BCA. Saat nasabah tersebut melakukan login, muncul tampilan "sinkronisasi token" dan menyebabkan komputer hang. Setelah restart dan kembali login ke Internet Banking BCA, nasabah mendapati uangnya telah berkurang sebesar Rp 13 juta.

Sumber: kompas.com

PIN BBM Sekarang Bisa Dibuat Sendiri

pin bbm phone

Layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) sudah cukup lama tersedia bagi para pengguna perangkat Android dan iOS. Jumlah pengguna layanan yang sebelumnya dibuat eksklusif bagi para pengguna handset buatan BlackBerry itu pun naik pesat.

Perusahaan asal Kanada itu terus berusaha meningkatkan fitur yang tersedia di layanannya bagi seluruh pengguna. Salah satu fitur baru yang ditambahkan BlackBerry adalah pengguna kini bisa memilih sendiri personal identification number (PIN) yang digunakan sebagai identitasnya di aplikasi BlackBerry Messenger.

Pihak BlackBerry mengklaim fitur pemilihan PIN menjadi satu dari sekian banyak permintaan yang dilontarkan pengguna layanan yang dikenal sebagai BBM itu.

Perusahaan mengumumkan, pengguna BBM yang meng-upgrade ke versi terbaru akan mampu membuat PIN pilihan terdiri dari 6-8 digit alfanumerik pilihan mereka. Tiap pengguna bebas membuat BBM PIN yang diinginkan, unik, dan mudah untuk dibagikan.

"Pembaruan ini memberi pengguna kontrol untuk lebih menikmati pengalaman menggunakan BBM dengan menambahkan pilihan personalisasi dan privasi baru," kata Herman Li, SVP BBM Software Development dalam keterangan resminya.

Untuk bisa menikmati fitur PIN Pilihan ini pengguna bisa membeli di BBM Shop dengan harga US$ 1,99 atau sekitar Rp 20 ribu per bulan.

Selain PIN Pilihan, pengguna BBM juga dapat berlangganan BBM tanpa iklan. BBM versi ini akan meniadakan iklan promosi dari BBM Feed pengguna dengan harga US$ 0,99 atau Rp 12 ribu per bulan.

 Sumber: kompas.com